Marli’ah, Si Tukang Sayur Yang Naik Haji

oleh -
Marli'ah Saat Berdagang Sayur Keliling
Marli'ah Saat Berdagang Sayur Keliling

JOMBANG-Marli’ah, pedagang sayur keliling asal Desa Balongbesuk, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang akhirnya bisa berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada musim haji tahun ini 2019. Siapa sangka jika profesinya yang biasa disebut ‘Bakul Lijo’ ini menghantarkannya untuk sujud di Baitulloh.

Perempuan yang berusia 63 tahun ini tak pernah menyurutkan cita – citanya semenjak masih duduk di bangku sekolah (MI), untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima.

Hingga berusia separuh abad lebih, ia tak percaya jika apa yang di idam – idamkan sejak kecil tersebut bisa terwujud, sebab ia hanyalah seorang pedagang sayur keliling dengan penghasilan kecil.

Namun, dengan kegigihannya, perempuan yang murah senyum tersebut menyisihkan sebagian penghasilannya dari berjualan sayur keliling yang sudah dijalani selama kurang lebih 35 tahun.

“Alhamdulillah, saya senang dan bersyukur akhirnya saya terpanggil untuk menunaikan jama’ah haji tahun ini. Awalnya saya tak mengira cita – cita ini bisa terwujud,” tuturnya saat ditemui Kabarjatim.com, di sela – sela ia jualan, Senin 08/07/2019.

“Tiap hari saya menyisihkan uang 10 ribu rupiah dari hasil jualan sayur untuk ditabung. Terus ada tambahan dari anak – anak juga. Tiap dikasih anak langsung saya tabungkan juga,” imbuhnya.

Marli’ah, terdaftar sebagai calon jamaah haji dalam kloter 52 yang akan berangkat pada 23 Juli 2019, dari Embarkasi Surabaya. Ia hanya berangkat sendiri tanpa didampingi sang suami, sebab beda waktu saat mendaftar. Dirinya mendaftar haji pada tahun 2011 diantarkan oleh anak perempuannya.

“Semoga setelah saya berangkat haji, nantinya bisa melakukan Umroh bersama Bapaknya (Suaminya),” pungkasnya.

Sebelumnya, Marli’ah tiap hari berjualan keliling di Wilayah Kota. Ia menjajakan dagangannya dengan di angkut menggunakan sepeda angin (pancal) yang dilengkapi box dari bambu (rengkek) diletakkan pada bagian belakang sepeda.

Dari mulai berangkat pukul 07:00 Wib hingga pulang pukul 12:00 Wib, ia berkeliling dari satu permukiman ke permukiman lainnya. Area utamanya, kawasan permukiman di dekat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang.