Manding Laok vs Batuan Berujung Ricuh, Ini Keputusan PSSI Sumenep

oleh -
Rapat Komdis PSSI Sumenep
Rapat Komdis PSSI Sumenep

SUMENEP – Hingga Jumat, 12 Juli 2019 pertandingan Liga Desa Nusantara 2019 di Kabupaten Sumenep semula berjalan aman dan lancar. Namun, setelah pertandingan antara Desa Manding Laok melawan Desa Batuan terjadi ricuh.

Kericuhan tersebut terjadi jelang berkhirnya babak pertama di pertandingan kedua. Pertandingan sebelumnya, Desa Ambunten melawan Desa Gedugan berjalan aman dan lancar.

Kericuhan antara dua desa tersebut terus terjadi, hingga pada akhirnya wasit meniupkan pluit panjang bertanda pertandingan diakhiri.

Komisi disiplin Askab PSSI Sumenep kemudian mengambil langkah untuk menyikapi persoalan tersebut. Sebagaimana diterima media ini, berikut keputusan Askab PSSI Sumenep:

FAKTA DAN PERTIMBANGAN HUKUM

Bahwa pada tanggal 12 Jull 2019 sekitar Jam 16.00 WIB bertempat dI Lapangan Mitra Kebonagung Kecamatan Kota Sumenep pertandingan antara Tim Kesebelasan Desa Manding Laok melawan Tim Kesebelasan Desa Batuan telah terjadi :

  1. Pada menit ke 33 Babak pertama terjadi pelanggaran yang dilakukan pemain Tim Kesebelasan Desa Batuan an. ALIF (NP. 7) kepada Tim Kesebelasan Desa Manding Laok. Akibat pelanggaran tersebut, kapten Tim Kesebelasan Desa Manding Laok an. INUNG (NP. 22) tidak menerima kemudian bersitegang dengan pemain Tim Kesebelasan Desa Batuan an. ALIF (NP. 7) dan melakukan pemukulan kepada pemain tersebut.
  2. Selanjutnya pemain Tim Kesebelasan Desa Batuan an. ALIF (NP. 7) membalas dengan pemukulan juga, kemudian official dan penonton Tim Kesebelasan Desa Manding Laok masuk lapangan karena kejadian tersebut dekat dengan official Tim Kesebelasan Desa Manding Laok.
  3. Selanjutnya penonton lain masuk lapangan dan wasit menilai pertandingan tidak dapat dilanjutkan karena keadaan tidak kondusif.
  4. Wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan dihentikan pada menit ke 33 Babak Pertama dan menyerahkan keputusan kepada Pengawas Pertandingan dan atau Panitia Disiplin. Skor sampai menit 33 babak Pertama adalah 1 0 untuk Tim Kesebelasan Desa Batuan.

KEPUTUSAN

  1. Merujuk pada Pasal 10 (h) Kode Disiplin PSSl. maka memutuskan : (1) Sdr. ALIF pemain Tim Kesebelasan Desa Batuan (2) Sdr. INUNG pemain Tim Kesebelasan Desa Manding Laok Diberikan Sangsi Skors 12 (dua belas) bulan larangan Ikut serta dan terlibat dalam aktifitas sepakbola yang direkomendasi ASKAB PSSI Sumenep karena telah terjadi pelanggaran terhadap Pasal 54(1) Kode Disiplin PSSI.
  2. Merujuk pada Pasal 11 (h) Kode Disiplin PSSI. memutuskan Tum Kesebelasan Desa Manding Laok diberikan sangsi DISKUALIFIKASI dari Turnamen Liga Desa Nusantara Tahun 2019 dan Sangsi Skors 12 (dua belas) bulan larangan Ikut serta dan terlibat dalam aktifitas sepakbola yang direkomendasi ASKAB PSSI Sumenep.
  3. Pengulangan terhadap pelanggaran terkait diatas akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat.
  4. Surat Keputusan ini berlaku sejak ditandatangani Surat Keputusan ini.

BANDING

Terhadap keputusan ini dapat diajukan banding sesuai dengan Pasal 119 Kode Disiplin PSSI.