Mandi di Bekas Galian Tambang, Seorang Remaja Tewas Tenggelam

oleh -
Lokasi Bekas Galian Tambang di Desa Gumulan, Kesamben, Jombang

JOMBANG – Seorang remaja berusia 15 tahun tewas setelah tenggelam saat mandi di bekas galian tambang di Desa Gumulan, Kecamatan Kesamben, Jombang, Selasa (6/11/2018) sore.

Korban bernama Gilang Akhsani, asal Desa Sukodono, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo. Sekitar pukul 15.00 WIB, ia bersama dua temannya lagi asyik bermain hujan, kemudian mereka bertiga mandi di bekas tambang tersebut.
Tanpa disadari, korban yang belum mengenal lokasi berenang menuju ke tengah galian tambang. Diduga kurang mahir berenang, korban pun akhirnya tenggelam.

Kedua temannya yang mengetahui bahwa korban tidak nampak lagi, segera bergegas meminta pertolongan warga sekitar. Salah satu anggota relawan kemudian meneruskan laporan tersebut ke Pusdalops BPBD Kabupaten Jombang.

Kejadian tersebut sontak membuat warga berdatangan karena penasaran ingin melihat. Sekitar 10 menit kemudian petugas BPBD tiba di lokasi guna melakukan operasi pencarian korban. Dengan dibantu warga sekitar akhirnya korban berhasil ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.

Abdul Wahab, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jombang membenarkan adanya peristiwa tersebut. “Pihak kami mendapat laporan bahwa ada anak tenggelam di bekas galian tambang di Desa Gumulan, Kesamben. Dibantu warga dan petugas keamanan akhirnya korban ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa sekitar pukul 17.25 WIB,” imbuhnya.

Usai dilakukan evakuasi, selanjutnya korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang guna dilakukan visum. Selanjutnya jenazah korban diserahkan ke pihak keluarga.

Editor: Ahmad Saefullah