MAN 3 Jember Sabet Juara I Kompetisi Robot Nasional

oleh -

YOGYAKARTA – Para pelajar Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember berhasil mengukir prestasi membanggakan di ajang kompetisi robot nasional, yaitu Elins Robotic Competition (EBOTEC) 2018 yang diselenggarakan di Kampus UGM Yogyakarta.

Tim MAN 3 Jember yang diawaki Ajeng Kusuma Dewi (kelas XI IPA), Muhammad Romadhoni (kelas XI IPA 1) dan Muhammad Mujib Imanudin (kelas XI IPA 1) menyabet juara I kategori Lowcost Innovation tingkat Nasional (SMA/SMK/MA/Mahasiswa).

Mereka berhasil menyisihkan para kompetitornya setelah mempresentasikan robot otomatis pengering bibit tanaman jagung atau bawang basah.

Ajeng Kusuma Dewi memaparkan bahwa selain sebagai pengering bibit jagung dan bawang, alat ini juga bisa digunakan pada proses produksi kain batik.

“Alat ini kami buat dengan biaya yang murah dan dekat sekali dengan kehidupan masyarakat pedesaan sehari-hari atau bahkan perusahaan menengah ke bawah,” ungkap Ajeng dikutip dari Laman Kemenag.

Keikutsertaan lomba ini, lanjut Ajeng, didahului dengan pengiriman proposal karya ilmiah. Dipilihlah 6 besar yang terbaik, yakni MAN 3 Jember, SMAN 1 Boyolali, 3 tim dari UGM dan Universitas Brawijaya.

“Setelah itu kami presentasikan inovasi kami, dan Alhamdulillah kami juara 1 kategori lowcost innovation,” pungkas Ajeng.

Editor: Ahmad Saefullah