Malam Ke 17 Ramadhan, Pemkab Sampang Gelar Nuzulul Quran

oleh -

SAMPANG– pemerintah kabupaten (pemkab) Sampang pada malam ke 17 bulan romadhan 1440 Hijriah memperingati malam Nuzul qur’an di Aula pendopo Bupati sampang Jl wijaya kusuma Rabu malam kamis (22/05/19) kemarin.

Peringatan Nuzulul qur’an itu di ikuti oleh forum pimpinan daerah (Forpimda) kabupaten sampang, semua organisasi pimpinan daerah (OPD) dan sejumlah tokoh ulama kabupaten sampang.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dalam sambutannya menyampaikan peringatan Nuzulul qur’an sebagai wujud rasa syukur kita terhadap rahmad dan hidayah Allah yang telah menurunkan Alqur’an melalui baginda Nabi Muhammad SAW. Selain itu Kitab suci Alqur’an merupakan sebagai pedoman dan tuntunan kita dalam menjalankan kehidupan sehari-sehari dan pembeda antara yang Haq dan yang bathil.

“Keagungan dan keindahan Alqur’an terpancar tidak hanya dalam isi atau pesannya tetapi juga juga terkandung risalah penutup yang relevan dengan zaman” ujarnya.

Kemudian ia berpesan kehidupan yang semakin modern seperti saat ini kegiatan religiutas nampak semakin terkikis, bahkan cenderung dominan pada kehidupan keduniaan dibandingkan dengan kehidupan yang membangun spiritulitas sehingga jarang tersentuh akibat kesibukan yang lebih memenuhi ragawi.

“Yang menjadi problem yakni moralitas dan sosial kemasyarakatan cenderung tergerus dengan maraknya media sosial, akibatnya kita sering lupa untuk membenahi kesalehan kita” ucapnya.

Menurutnya kita masih belum pantas menyandang predikat ummat Nabi Muhammad jika kita mementingkan ibadah ritual, sementara kepada sesama kita masih Dholim, sehingga dalam kesempatan peringatan malam Nuzulul Qur’an dijadikan sebagai momentum untuk mengingatkan kembali pesan Alqur’an untuk menjadi insan yang paripurna yakni kehidupan yang seimbang antara Hablum minannas dan hablum minallah.

“Semoga malam ini kita bisa mengambil hikmah dan dapat mengamalkan Alqur’an dalam kehidupan kita sehari-hari” tutupnya.

Editor.  :  Rusmiyanto