Maksimalkan Pelayanan, Dukcapil Tuban Sambangi Desa Cekalang

oleh -

TUBAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tuban menggelar kegiatan Pelayanan Adminduk Capil Keliling, bertempat di Balai Desa Cekalang, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Jumat (21/06/2019).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat, khususnya wilayah Kecamatan Soko yang akan mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Pindah tempat dan perubahan-perubahan data.

“Ini merupakan inovasi dari Dukcapil Tuban untuk turun ke lapangan guna memberi pelayanan terkait administrasi kependudukan,” kata Bahri, Kasi Kelahiran dan Kematian Dukcapil Tuban.

Dijelaskan, bahwa program ini sudah berjalan lama dengan sistem bergiliran, disetiap kecamatan dilaksanakan dua kali dalam setahun. Sedangkan untuk titik atau lokasi kegiatan ditentukan oleh masing – masing Kecamatan.

“Dukcapil hanya memberikan jadwal dan yang menentukan tempat pelaksanaan adalah kecamatan,” jelasnya kepada kabarjatim.com.

Sedikit berbeda, jika sebelumnya kuota pemohon dibatasi hanya sebanyak 100 orang, namun saat ini kuota tidak dibatasi oleh petugas.

“Semua kita layani sesuai blangko yang tersedia, bila melebihi kuota dan blangko habis maka akan kami proses di kantor Dukcapil Tuban,” terang pria yang juga sebagai koordinator kegiatan.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Desa Cekalang, Parkun mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Dukcapil Tuban tersebut sangat tepat sasaran, semua terlihat dari antusias ratusan warga dari desa se-Kecamatan Soko yang datang untuk mengurus administrasi kependudukan.

“Kami dan seluruh warga menyampaikan terima kasih, karena dengan kegiatan ini masyarakat merasa terlayani dan dipermudah dalam pengurusan. Selain gratis, mereka juga tidak usah jauh – jauh datang ke Kecamatan maupun Dukcapil,” pungkasnya.

Editor : Rusmiyanto