Makna Kemerdekaan Bagi Pemuda Jombang

oleh -
Usai Upacara Kemerdekaan di Alun Alun Jombang (Obi/Kabarjatim)
Usai Upacara Kemerdekaan di Alun Alun Jombang (Obi/Kabarjatim)

JOMBANG-Kemerdekaan Indonesia ke 73 menjadi tonggak dan spirit generasi muda ikut serta dalam pembangunan bangsa. Rasa nasionalisme diwujudkan dengan berbagai hal yang positif untuk memperkuat persatuan dan kesatuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), Jumat (17/08/2018).

Agama dan Nasionalisme adalah dua kutub yang tidak berseberangan, Nasionalisme adalah bagian dari agama dan Keduanya saling menguatkan. Seperti yang dilakukan oleh para pendahulu KH Hasyim As’ary dan KH Wahab Hasbulloh dalam mengisi dan memperjuangkan Kemerdekaan.

Begitupun hari ini, Pemuda harus ikut aktif dan mengambil peran yang produktif sesuai dengan kreatifitasnya masing-masing.

Karena dengan itu, menjadi spirit bersama dalam menorehkan prestasi buat negeri seperti yang diperjuangkan para Kyai dan santri dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan usia NKRI yang ke 73 tahun, seyogyanya kita patut bersyukur dengan kemerdekaan ini yang dirayakan penuh semangat persatuan yang makin solid diseluruh penjuru negeri. Dan bahkan pekik merdeka terus terdengar seantero negeri pada hari ini,” ujar Zulfikar Damam Ikhwanto Ketua GP Ansor Jombang.

Kini tibalah masanya, Gus Zul menandaskan bahwa GP Ansor harus merapatkan barisan untuk melawan ribuan rintangan dan tantangan kekinian. Kader GP Ansor harus siap lahir dan batin mengawal masa depan negeri ini sekaligus dengan setia menjaga jati diri kebangsaan.

Untuk itu, sebagai Pemuda Nahdlatul Ulama harus mengisi kemerdekaan ini dengan semangat dan teladan dari para pejuang, para pahlawan nasional terdahulu, dengan membina kharakter diri yang berakhlak mulia, siap bekerja keras, berkepribadian yang kuat, manfaat, maju dan mandiri.

Untuk menggapai cita yang mulia, untuk ‘merdeka’ dalam segala dimensi, baik politik, ekonomi, sosial, ideologi, budaya, pertahanan keamanan bahkan pendidikan. “Semoga kita diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap langkah ke depan bersama bersatu untuk bangsa dan negara,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kabupaten Jombang, Farid Al Farisi mengatakan bahwa merdeka itu harus menjadi garda terdepan bagi NKRI. Pemuda harus ikut dalam pembangunan di segala bidang. Pemuda mempunyai peranan penting bagi keberlangsungan pembangunan NKRI khususnya di Kabupaten Jombang. Pemuda harus mempunyai kreatifitas, profesional dan inovatif.

“Dan ini akan kita tekankan bagi seluruh kader KNPI di Kabupaten Jombang. Dengan begitu pemuda akan menjadi garda depan suatu bangsa dan punya peranan penting bagi pembangunan,” pungkasnya. @VIN