Makan Jamur, Enam Warga Jombang Keracunan

oleh -

JOMBANG – Enam warga Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno, Jombang, muntah-muntah, pusing dan buang air besar terus menerus usai mengonsumsi jamur yang didapat dari sawah, Selasa (22/01/2019). Diduga kuat mereka keracunan.

Keenam orang tersebut terdiri dari satu pria dan lima wanita yang masih satu keluarga. Semuanya mengalami gejala pusing kemudian muntah disertai sakit perut. Peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 14.00 WIB.

RN (20), salah satu anggota keluarga yang juga mengalami keracunan jamur menjelaskan, ia mendapat jamur dari tetangganya, lantas jamur tersebut segera dibersihkan dan dimasak.

“Dikasih jamur oleh tetangga, katanya dapat dari sawah ketika bekerja. Kemudian saya masak dengan cara ditumis. Setelah masakan matang saya makan bersama keluarga, selang satu jam semuanya merasakan pusing dan mual-mual,” ucapnya.

Mendapat gejala mirip orang keracunan, salah satu anggota keluarga berinisiatif mengambil kelapa hijau guna dengan harapan dapat menetralisir racun. Namun upaya tersebut tak membuahkan hasil.

“Setelah terasa pusing, terus diminumi air dari kelapa. Tapi tetap pusing dan malah muntah-muntah, akhirnya semuanya pergi ke Puskesmas. Pihak Puskesmas menyarankan dibawa ke Rumah Sakit Kristen Mojowarno (RSKM), supaya mendapatkan perawatan intensif. Setelah dapat penanganan dari RSKM, tiga orang diperbolehkan pulang rawat jalan, tapi yang tiga lagi harus menjalani rawat inap,” ujarnya.

Editor : Ahmad Saefullah