Mahasiswa Unej Tanam Ribuan Pohon di Bantaran Sungai Brantas

oleh -

Mojokerto – Mahasiswa Universitas Jember (Unej) bersama siswa SD, SMP serta para pemuda menanam ribuan pohon di bantaran sungai Branta di Desa Ngimbangan, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jumat (14/2/2020).

Melalui program KKN Kolaborasi “Brantas Tuntas” yang dicanangkan Gubernur Jawa Timur, para mahasiswa bersama generasi milenial menanam 3.600 bibit pohon dan buah antara lain sengon, sirsak, kelengkeng, matoa, kelor, juwet, dan nangka. Selain menanam pohon, mereka juga melakukan kerja bakti membersihkan rumput liar di area yang akan ditanami.

“Selain sebagai salah satu cara untuk mencegah terjadinya bencana, kegiatan ini sebagai wujud kecintaan kita terhadap lingkungan,” kata Koordinator Desa KKN Mahasiswa Unej, Ade Suprahanika. Ia berharap dalam jangka panjang, pohon dan buah yang ditanam bisa mencegah banjir dan erosi.

Sementara itu, Koordinator Pemuda Desa Ngimbangan, Bambang, menegaskan kepedulian lingkungan dan upaya pencegahan bencana alam bukan hanya tanggung jawab pemerintah.

“Melainkan tanggung jawab bersama dan bekerja sama untuk meminimalisir terjadinya bencana alam sedini mungkin. Menanam bibit tanaman adalah salah satu upaya pencegahannya. Berawal dari hal kecil ini semoga bermanfaat ke depannya,” katanya.

Ia menambahkan, selain bermanfaat bagi lingkungan, kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa solidaritas antar pemuda dan pemudi Desa Ngimbagan. “Kami sangat antusias dengan program peduli lingkungan ini,” katanya.

Para guru pendamping siswa juga mengapresiasi kegiatan KKN mahasiswa Unej yang mengajak pelajar menanam pohon.

“Saya mendukung kegiatan ini karena dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan rasa kepedulian akan lingkungan pada anak-anak,” ucap salah satu guru SDN Ngimbangan, Ulfa.