Lima Jenis Tagar yang Populer di Indonesia, Apa Saja?

oleh -

Jakarta – Ketika sesuatu terjadi di dunia, hal itu juga akan ramai dibicarakan di Twitter. Uniknya; ketika sesuatu terjadi di Twitter, kadang hal itu juga jadi pembicaraan di dunia nyata.

Di Twitter, kita bisa terhubung dengan siapa saja dari berbagai negara dan berbagi opini ke jutaan orang lainnya di berbagai belahan dunia. Pada 23 Agustus 2007, Chris Messina mengusulkan penggunaan simbol “#” untuk mengelompokkan percakapan di Twitter. Ini menandai hari jadi penggunaan tagar dan 23 Agustus ditetapkan sebagai #HariTagar.
Ketika menggunakan Twitter, kita akan melihat tagar menghiasi linimasa.

Simbol “#” digunakan untuk menandai kata kunci atau topik dalam sebuah Tweet, dan mengkategorikan Tweet dengan topik pembahasan yang sama. Dengan adanya tagar; Twitter menjadi corong suara bagi banyak orang, membentuk budaya, dan dapat mengubah dunia.

Lima penggunaan tagar yang populer di Indonesia

Tagar yang banyak digunakan di Indonesia menunjukkan keberagaman cara orang menggunakan Twitter. Berikut ini adalah beberapa contoh dari jenis penggunaan tagar di Twitter.

Untuk saling menginspirasi

Orang mencari inspirasi tentang berbagai hal di Twitter, dan hal ini dipermudah dengan adanya tagar. Tagar #dirumahaja, misalnya. Tagar ini tidak hanya digunakan untuk menginformasikan upaya preventif menghadapi pandemi, namun juga untuk menginspirasi orang lain agar tetap semangat dan produktif setiap harinya.

@tiarbah, misalnya, menggunakan tagar #dirumahaja untuk berbagi inspirasi resep masakan yang mudah dimasak dengan bahan-bahan seadanya.

Contoh lainnya adalah @_doraredre, yang berbagi tips dekorasi ruangan agar suasana tetap nyaman selama menjalankan aktivitas di rumah.

Tagar untuk mengedukasi

Tagar juga berguna untuk melakukan edukasi terkait topik tertentu. Tagar #padanan digunakan untuk berbagi pengetahuan tentang persamaan sebuah istilah bahasa asing dan konteks penggunaan yang tepat dalam Bahasa Indonesia. Tagar ini sering digunakan oleh salah satu pakar Bahasa Indonesia, yaitu @ivanlanin.

Tagar untuk keadaan darurat

Karena karakternya yang real-time, Twitter digunakan untuk mencari informasi terkini tentang bencana atau situasi genting lainnya. Twitter juga membantu banyak orang untuk mendapat pertolongan dari pihak lain dalam waktu singkat. Pada keadaan seperti ini; fitur Like dan Retweet berperan penting karena dapat membantu kita menjangkau lebih banyak orang.

Tagar #Gempa, misalnya, digunakan secara aktif oleh @infoBMKG untuk memberi informasi dan perkembangan terbaru – tidak hanya kepada media, tapi juga masyarakat dan pihak lain yang membutuhkan bantuan. Keberadaan tagar ini juga dapat membantu warga di pemukiman sekitar bencana agar dapat mengantisipasi langkah mereka selanjutnya.
Contoh lainnya adalah #OrangHilang, tagar yang digunakan untuk mengumpulkan Tweet terkait pencarian orang hilang.

Diskusi tentang hiburan

Percakapan tentang topik hiburan di Twitter di Indonesia meningkat pada kuartal pertama tahun 2020. Percakapan tentang selebriti, misalnya, meningkat 62% di Indonesia, percakapan tentang musik meningkat 66%, dan topik tentang film meningkat 26%. Percakapan ini juga didominasi dengan konten-konten seputar fan art (seni dari penggemar). Seperti yang terlihat dari #RaisaThrowback yang sempat ramai di linimasa.

Tagar sebagai penghubung dengan komunitas

Masyarakat Indonesia menggunakan Twitter untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki minat atau kesukaan yang sama. Seperti yang dilakukan oleh penggemar Animal Crossing dalam rangka merayakan HUT ke-75 RI. Mereka ramai-ramai berbagi hasil karyanya melalui Twitter dengan menggunakan tagar #AnimalCrossing.

Menggunakan tagar di Twitter

Tagar menghubungkan kita ke percakapan yang sedang terjadi, dengan siapa saja dari berbagai belahan dunia, juga membantu kita menemukan komunitas yang tepat, sesuai dengan kesukaan atau minat di Twitter. Tagar juga dapat digunakan untuk gerakan sosial, dan juga aktivitas-aktivitas seru yang terjadi di Twitter sesuai minat dan hobi kita.

Di bawah ini adalah beberapa tagar yang populer di linimasa Twitter di Indonesia selama periode Januari – Juli 2020 (tagar tidak diurutkan berdasarkan peringkat):

#bts
#exo
#iheartawards
#dirumahaja
#agnation

Cara menggunakan tagar

Cukup menggunakan simbol “#” sebelum mengetik kata/frasa yang relevan (tanpa spasi) dalam sebuah Tweet. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan dihindari saat menggunakan tagar:
Lakukan:

Pastikan tagar tersebut singkat, padat, dan mudah diingat. Hindari kesalahan penulisan agar Tweet mudah ditemukan.
Gunakan tagar yang unik dan relevan agar orang tertarik berpartisipasi dalam percakapan.

Gunakan tagar secara konsisten untuk meningkatkan visibilitas tagar tersebut.

Ajak teman atau pengikut untuk menggunakan tagar tersebut.

Hindari:

Jumlah tagar yang berlebihan. Gunakan hanya satu atau dua tagar yang relevan dalam sebuah Tweet. Ingat, hanya ada 280 karakter dalam satu kali Tweet.

Penggunaan huruf KAPITAL di setiap huruf. Jika tagar tersebut bukan akronim, tagar tersebut akan terkesan memiliki tonalitas kasar bagi pembacanya.

Tagar bisa digunakan di mana saja dalam sebuah Tweet – awal, tengah, maupun akhir. Sebisa mungkin, hanya gunakan satu tagar yang relevan dalam sebuah Tweet dan jangan #spam #dengan menggunakan “#” berlebihan.