Lazisnu Guluk-guluk Mulai distribusikan 100 Paket Bansos untuk Anak Yatim

oleh -

SUMENEP: Pengurus Lembaga Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kecamatan Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, membagikan 100 paket bantuan sosial berupa sembako kepada anak yatim. Penyerahan bansos tersebut dilakukan ke semua desa di kecamatan setempat.

Pengurus Lazisnu Guluk-guluk, Zahratun Ni’am mengatakan, Adapun dana yang dijadikan bantuan tersebut yakni hasil swadaya dan donasi. Tetapi sebagian besar dana tersebut dikumpulkan melalui Koin Peduli Ummat yang dilakukan oleh warga Nahdliyyin di Kecamatan Guluk-guluk setiap bulan.

“Alhamdulillah, pendistribusian bantuan sudah kami lakukan sejak hari ini. Kami bersama seluruh pengurus membagikan bantuan ini ke semua desa yang ada di Kecamatan Guluk-guluk,” kata Ujarnya. Sabtu, 16 Mei 2020.

Kegiatan pembagian bantuan tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Lazisnu Guluk-guluk. Hampir setiap Bulan Ramadhan, agenda terbesar Lazisnu Guluk-guluk yakni berbagi dengan keluarga tidak mampu dan anak yatim. Namun karena kondisinya saat ini sedang physical distancing (jaga jarak), jadi batasi pembagian bantuan ini sebanyak 100 paket dan penyalurannya pun bertahap. “Biasanya mereka kami undang. Karena menjaga situasi dan kondisi, jadinya saat ini kita datangi satu persatu ke rumahnya,” jelasnya.

Dia mengajak, ditengah-tengah menjalani puasa ramadhan, ditambah dengan kondisi perekonomian yang cukup stagnan, agar ikut peduli terhadap keluarga yang serba berkecukupan. Semisal ikut berbagi apa yang bisa diberikan.”Di bulan ramadhan ini sangat dianjurkan untuk bersodakoh, lebih-lebih kepada fakir miskin dan anak yatim. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berbagi dengan sesama, berbuat baik dengan sesama,” tandasnya.

Dalam kegiatan penyaluran bantuan tersebut, Lazisnu tidak sendirian. Hampir seluruh badan otonom MWC NU Guluk-guluk ikut membantu dalam penyaluran bantuan untuk anak yatim itu.”Walaupun bantuan ini tidak seberapa, tapi kami selalu berdoa semoga bantuan ini bisa meringankan beban para anak yatim dalam menjalani hidup, lebih-lebih selama menjalani ibadah puasa ditengah pandemi Covid-19,” doa Ketua MWC NU Guluk-guluk, Kiai Md. Widadi Rahiem.

NOE