Lawan Calo Masker, “RumahMaulina” Jombang Produksi 1 Juta Masker Gratis

oleh -
Suasana Produksi Masker Gratis di RumahMaulina Jombang
Suasana Produksi Masker Gratis di RumahMaulina Jombang

JOMBANG – Semua pihak bahu membahu untuk membantu mencegah penyebaran virus korona (covid-19) di Indonesia. Salah satunya dilakukan oleh Maulana Syahiduzzaman, yang menyulap tempat usaha Konveksi Busana Muslim miliknya menjadi ‘pabrik’ masker.

“Kami bergerak dengan menghimpun penjahit rumahan untuk memproduksi masker,” kata Maulana Syahiduzzaman, di Kabupaten Jombang (1/4/2020).

Maman, demikian ia disapa, mengatakan pihaknya terpaksa menyulap tempat usaha busananya sebagai pabrik masker, untuk bergotong-royong dalam upaya pencegahan covid-19 di Indonesia. Langkah ini dilakukan untuk menjawab adanya kelangkaan dan tingginya harga masker di pasaran, di tengah banyak masyarakat membutuhkan.

“Kami target membuat 1 juta masker, yang nantinya kami akan bagikan ke masyarakat luas secara gratis, di setiap daerah di Indonesia. Bahkan bila dirasa perlu, kami nanti akan coba produksi lebih banyak lagi,” kata Maman.

Maman mengaku melibatkan sekitar 100 penjahit rumahan dalam pembuatan 1 juta masker tersebut. Mereka mampu memproduksi 50 ribu masker dalam sehari. “Kami membuat masker dengan membeli bahan kain sendiri, dan menghadirkan penjahit-penjahit sekitar (rumahan), agar masker yang langka bisa teratasi. Di satu sisi, kami juga ingin membantu ekonomi penjahit yang usahanya sepi karena wabah korona,” ujarnya.

Maman memastikan masker yang diproduksi aman digunakan masyarakat. Kepastian ini diketahui setelah diperiksa dan diteliti oleh dokter atau tenaga medis ahli bidang kesehatan. “Kami pastikan masker ini aman digunakan, kami juga melibatkan tenaga medis untuk menjaga kebersihan masker tersebut,” pungkas pengusaha muda itu.