Latih Demokrasi Siswa, SMPN 1 Mojowarno Gelar Pemilu OSIS

oleh -
Pemilu OSIS SMPN 1 Mojowarno

Jombang: Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mojowarno menggelar pemilihan ketua dan Sekretaris Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Periode 2019-2020. Pesta demokrasi tahunan tersebut diselenggarakan layaknya Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pantauan dilokasi, Layaknya proses pemilu, para siswa yang hendak mengunakan hak pilihnya, terlebih dahulu mengisi daftar hadir yang sudah disiapkan oleh panitia pemilihan guna menyesuaikan dengan daftar pemilih tetap. Selanjutnya para siswa diberikan surat suara yang bergambar tiga pasangan calon ketua dan sekertaris osis periode 2019-2020.

Kemudian, siswa menggunakan hak pilihnya dengan cara mencoblos surat suara di bilik suara yang sudah disediakan serta memasukannya di Kotak Suara yang diletakkan didepan bilik suara. Usai menggunakan hak pilihnya para siswa juga mencelupkan salah satu jarinya ketinta sebagai tanda telah menggunakan hak pilihnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mojowarno, Yoni Trijoko Kurnianto menjelaskan, Pihaknya memilih menyelenggarakan proses pemilihan ketua dan sekretaris OSIS seperti proses  pemilu guna memberikan edukasi kepada para siswa agar bisa diterapkan ketika merelka sudah memiliki hak suara baik dalam pemilihan Kepala Desa, Pileg maupun Pilpres.

“Proses ini agar nantinya para siswa tidak canggung ketika ada pesta demokrasi, sehingga tau yang dilakukan, salah satu contohnya saat pemilihan kepala desa di daerah masing-masing,”Ujarnya saat mendapingi secara langsung proses pemilihan ketua dan sekretaris OSIS. Jumat 6 September 2019.

Ia menambahkan, bahwa proses pemilihan yang dilakukan layaknya pesta demokrasi pileg dan Pilpres tersebut, juga sebagai praktek pengaplikasian dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) yang telah diajarkan oleh guru mata pelajaran.

“Ini kan tercantum dalam pelajaran Pendidikan Kewarga Negaraan (PKN) tentang pemilu, jadi siswa tidak hanya mendengar tentang pengetahuan tersebut tapi langsung bisa merasakan,”Imbuhnya.

Masih menurut Yoni, Kegiatan pemilihan ketua dan sekretaris OSIS dikuiti oleh para siswa dan siswi dari mulai kelas 7 hingga 9 yang ada disekolah tersebut, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 926 pemilih, yang terdiri dari 864 siswa serta 62 guru dan karyawan.

“Guru dan Karyawan yang ada disekolah juga mendapatkan hak pilih, serta yang bertugas sebagai Panitia Pemilihan adalah Pengurus OSIS lama atau  periode 2018-2019 yang sudah berakhir masa jabatanya,”Pungkasnya.