Lapas Jombang Berhasil Ajak Napi Teroris Kembali Ke NKRI

oleh -

JOMBANG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Jombang berhasil mengajak nara pidana teroris kembali mengakui Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut dibuktikan dengan keikut sertaan napi teroris saat digelar upacara bendera di dalam lapas oleh seluruh petugas dan sejumlah narapidana lainnya.

Kasi Kamtib Lapas Klas II B Jombang, Arif Wahyudi mengatakan, napi teroris yang menjadi binaannya sudah mulai deradikalisasi dan kembali ke NKRI.

“Alhamdulillah dia sudah mulai sedikit demi sedikit mengakui NKRI. Terbukti saat ada upacara bendera dia mau ikut dan melakukan penghormatan ke merah putih,” ucapnya saat ditemui kabarjatim.com, Sabtu 17/08/19.

Para petugas lapas tak mengira jika warga binaannya yang sebelumnya menjadi anggota teroris tersebut mau mengikuti upacara bendera. Namun, para petugas sangat memberikan apresiasi yang luar biasa bagi napi teroris tersebut.

“Sebelumnya kita tanya kesungguhannya untuk kembali ke NKRI, dan ternyata mau. Kami juga tak mengira jika ia mau ikut upacara bendera,” imbuhnya.

Selain napi teroris yang kemarin ikut upacara bendera, lanjut Arif, dalam Lapas Klas II B Jombang terdapat satu lagi napi teroris yang sudah kembali ke NKRI.

“Dalam lapas ini ada dua tahanan napi teroris, yang satunya sudah bebas seminggu yang lalu. Sebelum bebas ia juga sudah mengakui dan kembali ke NKRI,” terangnya.

Saat disinggung terkait langkah – langkah petugas sehingga mereka mampu merubah mainset napi teroris untuk kembali ke NKRI, Arif menjelaskan bahwa petugas lapas melakukan pendekatan secara persuasif. Petugas juga sudah dibekali pengetahuan saat mengikuti diklat yang dilakukan oleh BNPT.

“Dikatakan sulit ya pasti sulit, karena harus merubah mainset mereka yang sudah ditanamkan sedemikian kuatnya kita rubah pelan – pelan. Kita melakukan pendekatan yang terus menerus, maunya mereka seperti apa kita tampung dan di sisi lain kita ajak mereka kembali ke NKRI,” pungkasnya.