Lagi, Dua Pelaku Penjambretan Diringkus

oleh -

SURABAYA-Berhati-hati jika anda bermain handphone (HP) dipinggir jalan. Seperti kejadian yang menimpa korban bernama Dhika (23), Mahasiswi asal Jalan Gubeng Kertajaya 7B, Surabaya.

Dia menjadi korban aksi penjambretan pada, Sabtu (18/8/2018), oleh dua pemuda ketika korban ini sedang menggenggam HP sambil video call (VC) dengan temannya.

Dua pria pelakunya adalah, Didik Surjanto, warga Jalan Sidokapasan Gang 5, Surabaya dan Ach. Syafi’i, warga Jalan Kampung Seng 91- Surabaya.

Saat kejadian pada pukul 19.00 WIB, korban ini tak tinggal diam ketika HPnya berpindah tangan ditarik paksa oleh kedua pelaku.

Korban langsung berteriak minta tolong sambil berusaha mengejar keduanya. Teriakan itulah yang mengundang warga setempat untuk turut mengejar kedua pelaku.

Anggota Reskrim Polsek Gubeng yang ketika itu berada tak jauh dari lokasi kejadian dan juga ikut mengejar keduanya.

“Pelaku merampas HP korban ketika korban berjalan sendirian dan melakukan video call menggunakan headset,” sebut Kompol Sudarto Kapolsek Gubeng Surabaya didampingi Kanit Reskrim Iptu Joko Susanto, Senin (20/8/2018).

Pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Yamaha Vega R Nopol L 5259 NK warna Silver langsung beraksi ketika mengetahui korban yang hendak pulang ke kos berjalan sendirian.

Keduanya akhirnya berhasil dibekuk warga bersama petugas. Beruntung keduanya langsung diamankan dibawa ke Mapolsek untuk menghindari amukan warga.

“Jika saja tidak ada petigas, keduanya pasti sudah menjadi bulan-bulanan dihajar warga,” tambah Sudarto.

Keduanya langsung dijebloskan ke dalam penjara di Polsek Gubeng, Polrestabes Surabaya. Petugas juga menyita barang bukti, 1 buah HP merk Oppo F3 Plus.

Meraka terancam dipenjara diatas 6 tahun karena melanggar kasus pencurian dengan keketasa sesuai Pasal 365 KUHP. @VIN