Kyai Ma’ruf Amin Ajak Santri Terus Benahi Bangsa dan Negara

oleh -

JEMBER – Calon wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin kembali bertandang ke Jember. Kunjungan Kyai Ma’ruf ini merupakan kali kedua setelah beberapa waktu lalu juga berkeliling ke sejumlah pesantren di Jember.

Dalam kunjungan ke Ponpes Islam Bustanul Ulum (IBU), Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember, Senin (30/10/2018) malam, Kyai Ma’ruf memberikan semangat bagi para santri agar tidak minder bersaing di era milenial.

KH. Ma’ruf mengatakan, santri harus terus mengasah kepecayaan dirinya sehingga bisa menjadi penerus bangsa yang memiliki mentalitas tinggi.

“Sebagai seorang santri, harus percaya diri. Saya yang sudah tua ini, mengapa mau mendampingi Pak Jokowi, bukan karena saya berambisi, tetapi saya menanam manfaat untuk generasi penerus ini,” ujarnya.

Telebih lagi, menurut KH. Ma’ruf walaupun hanya sebagai santri orientasi yang harus ditanamkan untuk dapat berbakti dan berbuat yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan negara.

KH. Ma’ruf Amin menjelaskan, santri identik dengan pondok, maka pesantren merupakan sebuah wadah pembelajaran bagi para santri agar terus menjadi penerus bangsa. “Apresiasi saya berikan kepada ponpes IBU karena mampu membina dan menerima santri-santri yang fakir miskin untuk menuntut ilmu disini,” imbuhnya.

Ia menambahkan, ponpes sebagai ruang aktualisasi untuk menjadikan santri sebagai penerus bangsa.

Editor: Ahmad Saefullah

Tentang Penulis: ANGGA MILANISTI

Gambar Gravatar
Angga Jember