Kuatkan Rupiah, Forkas Jatim Tukarkan 50 Juta US Dollar

oleh -

SURABAYA – Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jatim menukarkan uang 50 juta US Dollar pada Bank Indonesia (BI). Nominal itu setara dengan Rp350 miliar dengan kurs Rp15 ribu.

Penukaran mata uang asing tersebut dilakukan untuk menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dolar, yang saat ini terus melemah.

Ketua Forkas Jatim, Nur Cahyudi, menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk simpati untuk Indonesia yang sedang mengalami pelemahan ekonomi. Dengan dilakukan penjualan uang Dollar diharapkan bisa meng-influence pengusaha-pengusaha lain di Indonesia untuk menukarkan uang Dollarnya menjadi Rupiah.

“Insya Allah ini akan berkelanjutan. Kita targetnya sampai rupiah stabil, kembali pada level semula. Uang 50 juta US dollar ini kita kumpulkan selama 1 sampai 2 hari. Kita terus kampanyekan agar para pengusaha tidak menahan dollar mereka,” ucap Nur Cahyudi di hotel Majapahit Surabaya, Kamis (20/9/2018) malam. Hadir dalam acara ini Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (purn) Moeldoko.

Moeldoko menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi terhadap langkah yang dilakukan Forkas untuk menguatkan rupiah dengan cara menukarkan uang dollar ke rupiah. Ini sebuah tanggung jawab moral untuk bersama-sama meringankan beban pemerintah.

“Ini positif, kami memberikan bentuk apresiasi sangat tinggi pada forkas karena dengan kesadaran menukarkan dolar tanpa ada himbauan. Pasti sebuah gerakan positif ini bisa memberikan inspirasi pada daeeah lain. Jatim pelopori gerakan pertama untuk menstabilkan nilai tukar rupiah,” ucap Moeldoko.