KPU Surabaya Segera Buka Lowongan Panitia Pemilihan

oleh -

SURABAYA: KPU Kota Surabaya mulai membuka lowongan penyelenggara pemilu menyambut pelaksanaan Pilwali Surabaya 2020. Terhitung 617 lowongan terbuka di level Kecamatan dan Kelurahan. 

Komisioner Divisi SDM KPU Kota Surabaya Subairi menjelaskan, jumlah total lowongan tersebut merupakan gabungan dari kebutuhan untuk PPK dan PPS. “Untuk PPK ada 155 orang. Sedangkan PPS 462 orang,” jelasnya dalam media gathering KPU Surabaya, Senin (30/12/2019).

Mantan wartawan media cetak ini menambahkan, pada kesempatan kali ini KPU juga memberi kesempatan terbuka untuk kaum hawa yang hendak bergabung. “Kami berikan porsi keterlibatan perempuan sebesar 30 persen,” ujarnya.

Dengan aturan ini, perempuan memiliki peluang lebih besar. Keterlibatan ini juga diharap bisa memberikan hasil yang maksimal.

Terkait jadwal pendaftaran, KPU Kota Surabaya membagi jadwal pendftaran menjadi dua gelombang. Tanggal pendaftaran bisa dicatat oleh beberapa calon panitia penyelenggara pemilihan untuk meluangkan waktu dan tenaga mereka. 

“Untuk PPK mulai 15 Januari hingga 14 Februari 2020. Sedangkan PPS 15 Februari hingga 14 Maret 2020,” beber Bairi.

Bairi pun mengungkapkan jika selama ini pendaftaran PPK maupun PPS bisa dibilang sepi peminat. Untuk itu, Ia berharap dalam rangka penyelenggaraan Pilwali Surabaya 2020 ini lebih semarak.

“Berkaca pada Pilgub Jatim 2018 lalu, pendaftar terbanyak ada di Kecamatan Wonokromo. Itu pun jumlahnya hanya 24 orang,” tegas Bairi.

Bairi menambahkan, para panitia yang bertugas juga akan mendapatkan honor yang telah ditentukan, apalagi besarannya lebih tinggi dari penyelenggaraan sebelumnya.

“Untuk gaji, ada peningkatan meskipun tidak seberapa. Ketua PPK akan bergaji Rp 2.200.000 Rupiah dan anggotanya bergaji Rp 1.900.000,” tegas dia.(Noe)