KPU Sidoarjo Gelar Bimtek Relawan Demokrasi

oleh -

SIDOARJO– Setelah melalui proses rekrutmen yang panjang, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo melaksanakan bimbingan teknis untuk relawan demokrasi Pemilu tahun 2019. Kegiatan kali ini berlangsung di Hotel Luminor Jl. Pahlawan Sidoarjo , Jum’at (25/1/2019).

Sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi diberikan pembekalan tugas dan fungsi, dimana sebelumnya mereka sudah terpilih berdasarkan hasil seleksi ketat yang dilakukan pihak KPU Sidoarjo.

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, Moh. Zainal Abidin didampingi seluruh Komisioner dan juga Sulaiman selaku Sekertaris KPU Sidoarjo mengatakan, para relawan nantinya bertugas untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan menurunkan angka golput dan suara tidak sah.

“Pemilu tahun ini ada lima jenis surat suara yang akan dicoblos yakni pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, calon anggota DPR-RI, calon anggota DPD RI, calon anggota DPRD Provinsi dan calon anggota DPRD kabupaten. Jadi kita akan melakukan upaya mendorong meningkatnya pengetahuan Pemilu dan partisipasi pemilih,” katanya.

Zainal menjelaskan, Relawan Demokrasi nantinya akan bertugas ke wilayah sebarannya, untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang apa yang sudah dijalankan oleh KPU Sidoarjo.

“Relawan Demokrasi juga berperan serta menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi kali ini,” jelas pria yang juga dosen IAI Al-Khoziny itu.
Lebih jauh, Zainal mengatakan Relawan Demokrasi juga berfungsi membantu menginformasikan kepada masyarakat terkait waktu penyelenggaraan Pemilu 2019 di tingkat bawah. Selain itu, membantu sosialisasi tentang apa yang sudah dijalankan.

“Mereka juga bisa bekerja di komunitas yang kemudian nanti bisa menyosialisasikan kepada masyarakat tentang bagaimana pentingnya partisipasi pada pemilu,” pungkasnya.

Editor : Nurul Arifin