KPU Jember Laksanakan Bimtek PPS di Jember

oleh -
Ilustrasi
Ilustrasi

JEMBER-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember melaksanakan bimbingan teknis, kepada Panitia Pemilihan Suara (PPS) di daerah pemilihan masing-masing di Kabupaten Jember.

Hal ini disampaikan oleh Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi, Rabu (23/1/2019), saat dikonfirmasi di Kantor KPU Jember.

Bimbingan teknis yang diglear oleh KPU Jember bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada PPS, bagaimana proses pengisian Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Pelaksanaan DPTB dan DPK ini harus dipahami oleh PPS, sehingga nantinya saat pelaksanaan bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Hanafi mengatakan, DPTB adalah proses pemilihan dimana pemilih tidak melaksanakan pemilihan di TPS asalnya atau melakukan pindah memilih. Sedangkan, untuk DPKK adalah pemilih yang sudah memenuhi syarat tetapi tidak masuk dalam DPT dan masih bisa memilih dengan menggunakan KTP nantinya.

“Pemilih yang masuk dalam DPTB nantinya, harus mengisi form A5 dan melakukan pengurusan terlebih dahulu. Nah, ini yang harus diketahui oleh PPS agar pelayanan saat pelaksanaan pemilihan berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Selanjutya Hanafi menjelaskan, pelaksanaan bimtek ini dilakukan dengan membagi zona sesuai daerah pemilihan mengikuti wilayah Calon Legislatif.

Selain itu, bimtek ini bertujuan untuk memudahkan kepada PPS untuk melakukan pemetaan apakah di wilayah tersebut ada maysrakat yang masuk dalam DPK atau yang akan mengurus DPTB.

Editor : Nurul Arifin

Tentang Penulis: ANGGA MILANISTI

Gambar Gravatar
Angga Jember