KPK Geledah Rumah Anak Buah Khofifah

oleh -
(Caption: Rumah salah satu komisaris Bank Jatim, Budi Setiawan, di Jalan Bhakti Husada, Gg.3 No.4, Surabaya).
(Caption: Rumah salah satu komisaris Bank Jatim, Budi Setiawan, di Jalan Bhakti Husada, Gg.3 No.4, Surabaya).

SURABAYA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeldah rumah salah satu komisaris Bank Jatim, Budi Setiawan, di Jalan Bhakti Husada, Gg.3 No.4, Surabaya. Belum diketahui pasti terkait apa penggeledahan di rumah mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Jatim itu.

Saat coba konfirmasi, rumah Budi tertutup rapat, garasi mobil di rumah Budi juga tampak kosong. Meski demikian, wartawan sempat ditemui asisten rumah tangga Budi, Amindasah.

Perempuan paruh baya itu membenarkan ada sejumlah orang berseragam KPK mendatangi rumah Budi pukul 11.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, Kamis 11 Juli 2019. “Iya benar, ada beberapa orang pakai seragam KPK ke sini jam 11.00 WIB sampai jam 15.00 WIB kemarin. Tapi saya gak tahu jumlahnya berapa orang,” kata Amindasah, ditemui tadi malam.

Amindasah mengaku tidak tahu menahu apa yang dilakukan KPK di rumah Budi. Saat itu, Amindasah mengaku berada di dalam kamar. “Saya gak tahu apa-apa mas, tadi KPK ke sini juga ada bapak (Budi). Sementara saya ada di dalam kamar,” ujarnya.

Kata Amindasah, KPK meninggalkan rumah Budi pukul 15.00 WIB, sekitar satu jam kemudian majikannya (Budi) keluar rumah. Namun Amindasah tidak tahu majikannya akan pergi kemana. “Bapak kemarin keluar rumah setelah ashar sekitar jam 16.00 WIB, tapi saya gak tahu bapak mau kemana,” katanya.

Sementara menurut penuturan warga sekitar, Soleh Sumpil, mengaku mengetahui ada sejumlah orang berseragam KPK masuk ke rumah Budi, sekitar pukul 10.30 WIB. Mereka datang menggunakan dua mobil Toyota Innova.

“Ada lima orang yang dari KPK, didampingi personil polisi bersenjata lengkap. Kemudian mereka masuk didampingi warga dan Pak RT untuk menyaksikan kegiatan KPK,” kata Soleh.

Kata Soleh, KPK menggeledah rumah Budi sekitar empat jam atau sejak pukul 11.00 WIB hingga 15.00 WIB. Kemudian KPK keluar dari rumah Budi membawa dua koper. “Tapi saya gak tahu apa isi di dalam koper itu, tadi ada sekitar dua koper yang dibawa KPK,” kata Soleh.

Hingga kini, belum diketahui kasus apa yang menimpa Budi hingga didatangi KPK. Juru bicara KPK Febri Diansyah juga belum memberikan keterangan resmi ketika dikonfirmasi.