Koramil 0817/09 Balongpanggang Bina Saka Wira Kartika Terhadap Siswa SMA

oleh -

GRESIK – Koramil 0817/09 Balongpanggang, Kodim 0817/Gresik melaksanakan kegiatan Pembinaan Saka Wira Kartika untuk siswa-siswi yang berada di sekolah SMA di Wilayah Teritorial Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik padabMinggu (03/02/ 2019).

Kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika ini sejatinya berlangsung sudah lama dengan mengagendakan kegiatan secara rutin dan berkala. Bahkan kegiatan ini tetap terus dilaksanakan untuk mewujudkan pembinaan Teritorial di bidang Wanwil (Perlawanan Wilayah) yang digalakkan di semua SMA Sederajat di Wilayah Teritorial Koramil 0817/09 Balongpanggang.

Selama pembinaan, anggota Saka Wira Kartika ini mendapatkan pengetahuan pendidikan dan latihan dari Pelatih dan Pembina yang membuat para anggota Saka ini agar tetap bisa mengembangkan karya dan prestasi penting dalam kegiatan di event tertentu.

Adapun pembekalan pembinaan pendidikan dan latihan ini akan menerima materi Lima Krida yaitu Krida Navrat, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Survival, dan Krida Penangulangan Bencana Alam. Selain itu anggota SWK juga menerima materi tambahan yaitu materi Bela Negara yang mengacuh pada pembinaan Wanwil untuk tetap sigap dalam kesiapsiagaan menghadapi segala ancaman apapun di Wilayah.

Bertugas sebagai pembina Serda Arifin, anggota Koramil 0817/ 09 Balongpanggang “Pendidikan dan latihan Saka Wira Kartika ini merupakan salah satu upaya pembinaan pendidikan Bela Negara dalam membentuk kader generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan. Serta menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa guna menjaga Keutuhan NKRI,” ujarnya.

Masih kata Arifin, meskipun dalam pelaksanaan pembinaan dan latihan ini masih terdapat kekurangan dari alat peralatan dan sarana prasarana namun dapat diupayakan berlangsung maksimal.  Kegiatan Kepramukaan ini tidak hanya terbatas pada latihan saja namun akan terus berlanjut dengan kegiatan berikutnya yang harus ditempuh adik-adik Pramuka guna mengembangkan bakat dan seni yang dimiliki.

Sekarang musim hujan, lanjut Arifin, di wilayah Balongpanggang masih terdapat ada wilayah yang rutin tekena bencana banjir akibat dari air hujan dan luapan Kali Lamong. Kita berdo’a semoga banjir alami dari air hujan dan kiriman luapan kali Lamong ini tidak terjadi lagi, namun bila hal itu terjadi, maka adik-adik Saka Wira Kartika harus siap siaga untuk ikut terjun dalam membantu penanggulangan bencana banjir tersebut.

Turut serta dalam kegiatan tersebut antara lain Anggota Koramil 0817/09 selaku Pamong dan Pembina serta Anggota Saka Wira Kartika dari SMA Sederajat di Kec. Balongpanggang. 

Editor.  :  Nurul Arifin