Konferwil PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar Terpilih Jadi Ketua Tanfidziyah

oleh -
Suasana Konferwil PWNU Jatim

SURABAYA-KH Marzuki Mustamer terlih sebagai Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur periode 2018-2024 bersama KH Anwar Manshur sebagai Rois Syuriah. Konferwil Pengurus Wilayah Nahdhotul Ulama (PWNU) Jatim ini digelar di Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, Minggu (29/7/2018).

Kiai Marzuki terpilih secara aklamasi dengan mendapat 30 suara dari total 45 suara dari seluruh Cabang NU di Jawa Timur. 7 anggota AHWA yang melakukan musyawarah mufakat selama kurang lebih 30 menit ini adalah, KH. Nurul Huda, KH. Nawawi Abdul Jalil, KH. Agoes Ali Masyhuri, KH. Kholil As’ad, KH. Ubaidillah Faqih, KH. Abdullah Kafabih Mahrus, KH. Safiudin Wahid.

Sementara untuk Ketua Tanfidiyah, berhasil mengantongi 30 suara dari Pengurus Cabang (PC) NU. Kiai Marzuki bersaing dengan KH. Abdul Hakim (Gus Kikin) yang hanya mendapat 11 suara dan KH. Abd Nasir Badrus 4 suara.

Keputusan dibacakan oleh salah satu Ketua PBNU Robikin Emhas sebagai pimpinan sidang Pleno. Pimpinan sidang ini meminta kepada KH Anwar Manshur untuk menyampaikan kesediaanya. Karena, KH Anwar Manshur sudah meninggalkan lokasi maka menunjuk KH Safrudin Syarif selaku wakil untuk menyampaikan pernyataan.

“Dengan ini saya menyatakan bersedia untuk dipilih sebagai Rois Syuriah PWNU Jatim periode 2018-2023,” kata Kiai Safrudin Syarif saat membacakan surat mandat dari Kiai Manshur. KH Murzuki pun langsung ditetapkan sebagai Ketua Tanfidiyah terpilih karena berdasarkan tata tertib pemilihan, setiap kandidat bisa maju sebagai calon jika mengantongi minimal 17 suara. Kiai Murzuki satu-satunya yang memenuhi syarat, sehingga secara otomatis langsung ditetapkan sebagai ketua Tanfidiyah. @VIN