Komposisi 70 Persen Praktik dan 30 Persen Teori Poltekbang Surabaya Cetak SDM unggul

oleh -
Direktur Poltekbang Surabaya Achmad Setiyo Prabowo
Direktur Poltekbang Surabaya Achmad Setiyo Prabowo

SURABAYA-Direktur Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya Achmad Setiyo Prabowo menegaskan bahwa Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya siap mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkarakter untuk membawa Indonesia maju.

Menurutnya, hal itu bisa terwujud karena Poltekbang menerapkan pembelajaran yang tepat, baik teori maupun praktik yang berbasis boarding school dan character building

“Di Poltekbang ini 70 persen taruna/taruni kami ajarkan praktik, sisanya 30 persen untuk teori. Di Poltekbang melatih generasi yang unggul dan berkarakter, karena didukung dengan pembelajaran yang berbasis boarding school dan character building,” ujar Achmad Setiyo usai acara live dengan salah satu radio milik pemerintah bertema ‘SDM Unggul dan Berkarakter Nasionalis Membawa Indonesia Maju’ di Kampus Poltekbang Surabaya, Rabu (21/08/2019).

Ia juga mengungkapkan kunci utama untuk membentuk SDM unggul, yakni dengan menerapkan sikap kedisiplinan.

“Disiplin di Poltekbang, para taruna taruni dari mulai bangun hingga tidur lagi harus bersikap layaknya taruna yang selalu ditentukan waktunya,” paparnya.

Tak hanya Direktur Poltekbang Surabaya, dalam acara ini juga menghadirkan pembicara dari Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (IKAL Lemhanas) Jawa Timur Indrati Rini.

Menurut Indrati, SDM unggul yang berkarakter dan bisa membawa Indonesia maju harus menerapkan semangat nasionalis di dalam kehidupan sehari-harinya.

“Generasi milenial kita juga tidak hanya sekedar berucap tapi harus mengimplementasikan dalam sikap tindak seperti kalimat yang ucapkan sering kita ucapkan, ‘Aku Cinta Indonesia’, ‘NKRI Harga Mati’. Buktikan dalam tindakan,” pesan Indrati.

Pihaknya juga mengingatkan keunggulan SDM harus dibarengi dengan rasa nasionalis yang tinggi untuk negaranya. Dengan terbentuknya karakter yang kuat, maka generasi milenial di Indonesia bisa tumbuh menjadi unggul, siap bersaing dengan bangsa lain tanpa menanggalkan identitasnya sebagai bangsa Indonesia.

“Adanya SDM unggul berarti kita siap bersaing dan memiliki kelebihan dari bangsa lain. Namun juga jangan lupa bahwa kita tetap Indonesia,” imbuh Indrati.

Ditambahkan, Direktur Poltekbang Surabaya Achmad Setiyo optimistis kriteria SDM yang unggul, berkarakter dan bisa membawa Indonesia semakin maju gambaran dari masa depan taruna/taruni yang ‘digembleng’ di tempatnya.

“Jadi, SDM unggul dan berkarakter yang menjadikan Indonesia maju yaitu dari para taruna-taruni Poltekbang Surabaya ini,” tukas pria yang akrab disapa Tio ini.

Meski penuh kedisiplinan dan harus mempu menyeimbangkan prestasi akademik dan non akademik, taruna/tarunindi Poltekbang Surabaya juga punya prestasi yang patut diajungi jempol.

“Taruna kami juga banyak yang punya prestasi di luar kegiatan belajarnya di kampus. Seperti taruna bernama Muhammad Haris yang memperoleh medali emas di Porprov Jatim 2019, ditambah ada tujuh buku yang sudah diterbitkan karya taruna/taruni. Ini sebuah prestasi luar biasa,” tutupnya.