Komisi C DPRD Kota Surabaya Sidak Progres Pembangunan Basemen Balai Pemuda

oleh -

SURABAYA: Komisi C DPRD Kota Surabaya melakukan Inspeksi mendadak (sidak) kawasan proyek pembangunan Alun alun Suroboyo atau Basemen Balai Pemuda, hal tersebut guna meninjau progres pembangunan objek yang berdiri diatas lahan seluas 5000 m2. Basemen Balai Pemuda nantinya akan digunakan sebagai pusat sentra Usaha kecil menenganh (UKM) binaan pemkot Surabaya. Progres pembangunan diagendakan selesai pada bulan November mendatang.

Pantauan dilokasi, sidak dilakukan oleh seluruh anggota Komisi C DPRD Surabaya dan dipimpin langsung oleh Ketua Komisi C kota Surabaya, Baktiono. Para anggota dewan tersebut langsung melihat kesiapan Alun alun Suroboyo yang dicanangkan oleh walikota Surabaya selesai sampai tahun 2020.

“Masih ada kendala, yaitu di Jalan Pemuda 17, Itu terkait hak penggelolaan (HPL, Red) dan itu sudah dalam gugatan, karena dimiliki oleh salah satu pengusaha yang sudah habis HPL nya.  Dan yang bersangkutan mengugat agar mendapat hak penggelolaan kembali,” Ujarnya disela-sela acara sidak. Rabu 19 Februari 2020.

Ia menambahkan, dengan adanya sengketa lahan antara pemkot Surabaya dengan pengusaha tersebut, otomatis belum bisa melanjutkan sampai jalan Pemuda 17,namun Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersikukuh bahwa lahan akan dimanfaatkan untuk kepentingan warga, dan semua gugatan dimenangkan oleh pemerintah kota. 

” Mudah mudahan dalam waktu dekat ini ada putusan incrah, agar bisa dilanjutkan kembali pembangunan Alun alun Basement untuk kepentingan warga, Terkait bangunan yang di bawah, nantinya digunakan oleh UKM-UKM yang ada di Surabaya, agar mereka bisa memamerkan produknya, maupun menjual agar bisa laku semua hasil produk-produk mereka yang dilatih pemkot bisa dinikmati oleh warga maupun pengunjung,”Pungkas Anggota DPRD dari PDI-P ini.(Noe)