Komisi B DPRD Desak Disparta Pemprov Serius Kembangkan Potensi Desa di Jatim

oleh -

JOMBANG: Komisi B (perekonomian) DPRD Jawa Timur mendorong Dinas Pariwisata Pemprov Jatim serius optimalkan potensi desa di Jatim. Salah satunya potensi wisata yang ada di lima desa di Kabupaten Jombang.

“Maka itu kami dari Komisi B akan meminta Dinas Pariwisata baik Pemprov Jatim dan Pemkab Jombang untuk lebih optimal mengembangkan potensi desa. Karena tanpa mendapat dukungan pemerintah, potensi yang ada di desa sulit berkembang,” kata anggota Komisi B DPRD Jatim, Ahmad Athoillah, saat melakukan kunjungan kerja ke Wisata Desa Made Kudu, Kabupaten Jombang, Rabu (30/9/2020).

Adapun lima desa itu adalah Desa Made, Desa Sumber Teguh, Desa Katemas, Desa Kepuhrejo, dan Desa Sidokaton. Kelima desa tersebut sedang mengembangkan potensi desa yang dimiliki, diantaranya adalah Wisata Sejarah Desa Sentang Made, Wisata Taman Desa Sumber Teguh, dan Wisata Desa Sejarah Katemas.

Pilitisi PKB itu menyampaikan pihaknya sangat mendukung pemerintah desa yang ingin mengembangkan potensi desanya, baik melalui destinasi wisata alama, destinasi wisata budaya dan juga kreativitas kerajian dari warga desa. Dukungan tersebut tidak terlepas dari semangat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa melalui potensi desa yang dimiliki.

“Kami dari komisi B akan mengupayakan apapun yang dibutuhkan masyarakat, tentunya dengan regulasi peraturan yang berlalu,” jelas Mas Atho’, sapaan akrabnya.

Dalam upaya pengembangan desa wisata yang lebih maksimal, Mas Atho’ meminta perangkat desa untuk membuat anggaran kebutuhan pengembangan wisata, disertai dengan demo atau ilustrasi arah pengembangan wisata ke depan. Sehingga pihaknya bisa mengintervensi Pemprov Jatim untuk segera memberikan suntikan anggaran atau program desa wisata.

Pasalnya, lima desa tersebut pada 11 Oktober mendatang akan menggelar acara potensi desa dengan manampilkan produk dari buah hasil kreativitas masyarakat desa. Acara tersebut kata Camat Kudu Tridoyo akan diselenggarakan di Desa Sedang Made.

“Rencananya 11 Oktober akan ada gelar potensi wisata dan produk dari masyarakat yang akan kita tampilkan ┬ádan bertempat di Sendang Made ini,” pungkasnya. NOE