Kisah Inspiratif, Susah Masuk Kerja, Pemuda Ini Memilih Berwirausaha Kreatif

oleh -

JEMBER-Sulitnya mencari pekerjaan di Jember, membuat Muhammad Hariyono memutar otak lebih keras agar tetap bisa bertahan hidup. Tepat sekitar 2 tahun yang lalu, ia memulai berwirausaha kreatif dengan memanfaatkan potensi yang ada di wilayahnya, bersama keempat kawannya.

Berawal dari melimpahnya bambu yang ada di daerahnya, Muhammad Hariyono memulai usaha kreatifnya dengan mengolah bambu menjadi miniatur air mancur, yang biasa dibuat hiasan perkantoran, hotel, rumah makan, dan seterusnya. Biasanya barang hasil kerjanannya itu dikirim sampai luar kota.

“Aku biasa kirim kerajinan ini, kalau ke barat itu daerah Gresik. Dan kalau ke Timur itu sampai Bali. Karena di sana banyak hotel dan kantor. Malah di Jember sendiri jarang peminatnya,” ungkap Hariyono di tempat usahanya, Minggu (15/7/2018).

Usahanya ini beralamat di Desa Karanganyar, Ambulu, Jember. 25 KM ke arah selatan dari pusat Kabupaten Jember. Ia masih menggunakan kediamannya sendiri untuk dijadikan tempat pengolahan serta pemasaran, biasanya bambu yang diolahnya diambil dari pekarangan rumah sendiri.

“Semua proses dari bahan mentah sampai jadi itu berada di sini. Kadang rumah ini nggak muat, karena saking banyaknya kerajinan yang dibuat,” imbuh Hariyono, pemuda yang hanya lulusan pondok pesantren ini, tanpa sekolah formal.

Ia juga berharap, agar pemerintah Kabupaten Jember bisa memfasilitasi usahanya. Sebab, ia juga mengatakan, ketika usahanua ini berkembang maka pemuda bahkan orang tua pengaguran di wilayahnya akan diberdayakan.

“Kesulitan kami hanya pada modal. Juga pasar untuk lokal Jember masih sulit. Semoga Bupati Jember bisa mendengar jeritan dari pengusaha seperti kami, agar tidak banyak pengangguran lagi di Jember,” pungkasya.

Kerajinan bambu miliknya itu dihargai mulai dari Rp. 250.000 – Rp. 400.000. Untuk miniatur air mancur biasa atau kecil tanpa pernis dihargai Rp. 250.000, sedang jika dipernis dihargai Rp. 300.000. Lalu untuk ukuran besar dipatok hingga Rp. 400.000. Harga tersebut, lain jika ada pesanan ke luar kota, karena ada Ongkos Kirimnya (Ongkir)[email protected]VIN