Khofifah-Emil Dilantik Pada 13 Februari di Istana Negara

oleh -
Kepala Biro Humas dan Protokol Pemrov Jawa Timur Aries Agung Paewei
Kepala Biro Humas dan Protokol Pemrov Jawa Timur Aries Agung Paewei

SURABAYA-Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Khofifah Indar Parawansa-Emil Eletianto Dardak dilantik pada Rabu, 13 Februari 2019 di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo. Pelantikan ini, sehari setelah Gubernur Soekarwo-Syaifullah Yusuf selesai periodesasinya.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemrov Jawa Timur Aries Agung Paewei mengatakan, untuk pelantikan Gubernur periode lima tahun akan datang sudah siap. Saat ini hanya tinggal menunggu petunjuk dari Sekretariat Negara (Setneg) menyangkut soal waktunya.

Pihaknya menjelaskan, sejumlah pejabat tinggi Jawa Timur akan mendampingi seperti Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe Prasetya Boedi, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan dan pimpinan DPRD Jawa Timur.

“Forkopimda dan pimpinan dewan akan ikut menyertai pelantikan itu. Hanya saja berapa kuota persisnya, kami menunggu petunjuk dari Istana,” ungkapnya.

Menjawab pertanyaan soal fasilitas Gubernur dan Wakil Gubernur, Aries mengatakan, semuanya sudah disiapkan biro Umum Pemprov mulai dari kendaraan dinas sampai rumah dinas.

Untuk Bu Gubernur sudah langsung bisa menempati kediaman yang bersebelahan dengan Grahadi. Sedangkan Pak Wagub rumah dinasnya di Imam Bonjol.

Khofifah Indar Parawansa, merupakan gubernur Jawa Timur perempuan pertama, berpasangan dengan Emil Dardak hasil Pemilu 7 Juli 2018.

Pasangan Karsa (Soekarwo-Saifullah Yusuf) memimpin Jawa Timur selama dua periode atau 10 tahun berturut turut melalui pemilu langsung. Sedangkan H Imam Utomo berkuasa 10 tahun dipilih melalui DPRD Jawa Timur.

 

Editor : Nurul Arifin