Kepala Dinas Kebersihan (DKRTH) Pemkot Surabaya Mundur

oleh -

SURABAYA: Saat Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang akan mengakhiri masa kepemimpinannya dalam hitungan pekan, diwarnai dengan mundurnya salah satu SKPD di lingkungan Pemkot Surabaya. Sebelumnya juga diketahui pergeseran sejumlah kepala SKPD.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara membenarkan informasi pengunduran diri atau pensiun dini dari Chalid Bukhari, Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya. Febri juga telah mengonfirmasi langsung kepada BKD (Badan Kepegawaian dan Diklat) Surabaya.

“Berdasarkan info dari kepala BKD, beberapa waktu lalu, pada 25 Juni 2020, yang bersangkutan telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya, sekaligus mengajukan untuk pensiun dini,” urai Febri.

Febri menambahkan, Chalid Bukhari selaku ASN memiliki hak untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatannya sekaligus mengajukan surat pengajuan pensiun dini. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara.

“Setelah dicek secara administrasi, beliau sudah memenuhi syarat untuk mengajukan pensiun dini, salah satu syaratnya ialah masa krjnya sudah mencapai 20 tahun dan usianya sekurang-kurangnya 50 tahun. Selanjutnya, permohonan pensiun dini diproses sesuai ketentuan berlaku,” urainya.

Febri menampik bahwa pengunduran diri didasari adanya masalah tertentu di tubuh SKPD Surabaya yang terkait ataupun upaya pemberhentian maupun pemecatan.

“Apa yang dilakukan Pak Chalid ialah atas permintaan dan kehendaknya sendiri. Jadi bukan masalah-masalah lainnya. Ini Murni atas permintaan dan kehendak beliau sendiri,” terangnya.

Menurut informasi yang dihimpun, lepasnya jabatan kepala OPD yang baru-baru ini terjadi tidak hanya di satu tubuh kedinasan. Beberapa waktu sebelumnya, jabatan Kadisnaker Surabaya juga terjadi pergeseran.

Dwi Supomo yang menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja Surabaya sempat di-nonjob-kan sebelum kembali menjabat sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya.

NOE