Kepala Desa se-Madura Kumpul di Bangkalan, Bahas Apa?

oleh -

BANGKALAN – Para kepala desa se-Madura berkumpul di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Kamis (07/02/2019).
Dalam kesempatan ini Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo berpesan agar aparatur desa memaksimalkan pelayanan, meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat.

“Kita upayakan nantinya di tahun 2019-2020 ke depan, desa betul-betul mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat. Karena sebenarnya desa adalah miniatur dari sistem pemerintahan nasional,” ucap Hadi.

Selain itu, Hadi juga menyebut peningkatan kapasitas desa kian penting dilakukan mengingat letak geografis Indonesia. Diketahui terdapat 74.957 desa yang beranekaragam, baik kaitannya dengan kapasitas yang dimiliki maupun kaitannya dengan geografis., sehingga metode dan mekanisme pelaksanaan tugasnya pun juga beragam.

Selain itu, data Ditjen Bina Pemerintahan Desa menyebutkan, sekitar 76 persen desa di Indonesia masih perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan untuk peningkatan kapasitasnya.

“Kalau kita lihat data Ditjen Pemdes ini kurang lebih 24 persen dari jumlah desa yang ada ini mempunyai aparatur yang baik yang memadai, sedangkan 76 persen ini masih perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan untuk peningkatan kapasitasnya. Oleh karena itulah pentingnya untuk peningkatan kapasitas di dalam baik itu untuk pelaksanaan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan maupun tata kelola keuangan desa,” ucapnya.