Kemenristekdikti Bersama Poltera Buka Kontes Kapal Cepat Tak Berawak

oleh -
Pembukaan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak
Pembukaan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak

 

SAMPANG-Universitas Politeknik Madura (POLTERA) Kabupaten sampang menggelar kontes kapal cepat tak berawak nasional (KKCTBN) di pelabuhan pelelangan ikan (PPI) Jl Dharma Camplong, Sampang.

Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti RI Misbah Fikrianto dalam memaparkan Kontes kapal tak berawak nasional ini sebagai ajang untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi mahasiswa. Sehingga dari kontes itu mahasiswa diharapkan lebih kompeten terhadap Perkapalan di Indonesia khususnya Madura yang alamnya kaya dengan laut.

“Melalui kontes ini Kami berharap mahasiswa yang ikut dapat menghasilkan prestasi yang baik dan dapat memuaskan semua pihak terutama pemerintah indonesia, sehingga dari prestasi tersebut menjadi sebuah inspirasi dan motivasi bagi warga indonesia” paparnya, Minggu (18/11/2018).

Ia juga menyampaikan kegiatan kontes tersebut sebagai pendukung kebijakan Nasional di kemaritiman Sehingga dengan demikian mahasiswa dapat bersaing dalam menggait prestasi. Kemudian ia memotivasi mahasiswa untuk mewujudkan mimpinya dan menjadikan kontes itu sebagai wahana belajar dan penyalur edukasi bagi mahasiswa yang lain.

“Dengan prestasi yang dapat diraih diharapkan nantinya bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang lain,” ucapnya.

Kemudian sebelum ia menutup sambutannya ia menuturkan dalam kontes tersebut, terdapat tiga kategori yakni Autonomous Surface Vehicle (ASV), Electric Remote Control (ERC) serta Fuel Engine Remote Control (FERC).

“Sedangkan tim juri yang kami hadirkan yaitu dari antar lembaga universitas ternama di Indonesia di prodi perkapalan,” jelasnya.

Ditempat yang sama Direktur Poltera Madura Arman Jaya mengatakan sangat berterima kasih terhadap Kemenristekdikti RI atas diselenggarakannya KKCTBN di Sampang, menurutnya kontes tersebut dapat menjadi ajang silaturrahim dan mengenaku budaya dari masing-masing daerah serta untuk bertukar pengetahuan.

“Saya berharap tahun depan KKCTBN tetap dilaksanakan karena kegiatan ini sangat mendidik dan menambah wawasan kalangan pemuda,” Jelasnya.

Kegiatan kontes kapal cepat tak berawak nasional ini diikuti oleh sebanyak 45 peserta dari 25 Universitas Negeri dan Swasta se-Indonesia dan akan terlaksana selama empat hari kesepian mulai dari tanggal 17-20 November 2018. kemudian ketika Pembukaan KKCTBN 2018 di mulai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon oleh Kemenristekdikti RI, didampingi Direktur Poltera selain itu juga dihibur dengan penampilan musik dug-dug, tarian daerah, serta atraksi pencak silat. @VIN