Kemendes PDTT Ajak Fatayat NU Kawal Pengelolaan Dana Desa

oleh -

BLITAR – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar seminar pengelolaan dana Desa di Hall Kampung Coklat Blitar, akhir pekan kemarin.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga siang dini hari dihadiri Mochammad Zaini Mustakim KN P3MD, Anggia Ermarini selaku Ketua Fatayat NU Pusat, Abdul Aziz selaku Direktur Hokindo.net dan Andre Dewantoro Ahmad selaku Koordinator konsultan ahli pendamping desa Provinsi Jawa Timur Sedangkan Moderatornya adalah Muhammad Mahatir, aktivitas muda NU.

Dalam kesempatan ini Mochammad Zaini menyampaikan bahwa sesuai Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah serta berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat.

“Jadi, Desa memiliki hak wewenang untuk mengatur Kepemerintahan mengoptimalkan potensi-potensi lokal masing-masing terutama di sumberdaya manusianya,” tuturnya di sela-sela seminar.

Hal senada juga disampaikan oleh Anggia Ermarini, M.KM. Dia menyatakan Fatayat menjadi salah satu komponen bangsa yang siap membantu Kementrian Membangun Desa. “Membangun kualitas sumber daya manusia dimulai dari Desa” tuturnya.

Anggia menambah sumberdaya manusia merupakan aset terbesar di Desa sehingga harus diselaraskan antara SDM dan anggaran yang ada di Desa. ” Dana desa sangatlah membantu, salah satunya meningkatkan pelayanan publik bagi warga masyarakat, kami Fatayat siap membantu dalam membangun SDM di Desa” imbuhnya.

Acara tersebut dihadiri oleh ratusan Pendamping lokal desa ( PLD ) dan Pendamping Desa (PD) dari Tulungagung, Blitar dan juga Kediri. Kemendes berharap seminar ini dapat memberikan pemahaman yang utuh bagi semua peserta sehingga dapat meningkatkan kinerja para pendamping di lapangan.