Kapolres Jombang Buka Kompetisi KU 12 Dengan Doa Nabi Yunus

oleh -

JOMBANG-Sebanyak 81 tim dari Jawa dan Bali mengikuti kompetisi sepakbola Kelompok Umur 12 Tahun (KU-12) di Stadion Merdeka, Jombang. Acara yang digelar oleh DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jombang ini dibuka oleh Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto.

Uniknya dalam membuka kompetisi ini, Kapolres membuka dengan membacakan doa Nabi Yunus AS. “Bismillahirrohmanirrohim. La ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minadzaalimin. La haulaa walaa quwwata illa billahil aliyyil adziim. Dengan ini saya nyatakan kompetisi KU-12 dibuka,” kata Kapolres saat membuka even, Jumat (21/12/2018).

Kontan saja, peserta kompetisi langsung menyambut dengan tepuk tangan para peserta kompetisi. Fadli mengatakan, olahraga sebagai pemersatu bangsa. Ia mencontohkan, di SEA GAMES 2018 lalu ada fenomena menarik bersatunya Korea Utara dan Korea Selatan.

“Sebagaimana diketahui, dua negara itu tidak pernah bersatu. Namun, dalam Sea Games di Jakarta lalu, mereka bergandengan tangan menjadi tim dari Korea,” jelas Kapolres.

Kapolres juga berharap, kedepannya para pemain ini memiliki motivasi untuk menjadi pemain sepakbola profesional. Bahkan, sejumlah klub tersebut sangat membutuhkan suplai pemain-pemain muda. Bahkan, bagi para atelit berprestasi memiliki peluang yang lebih untuk masuk sebagai anggota TNI dan Polri.

“Adik-adik juga bisa berkarya di klub milik Polri yakni Bhayangkara klub,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Jombang Farid Al Farisi mengatakan Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menjaring bibit-bibit unggul sepakbola masa depan. Kompetisi ini merupakan agenda dari KNPI dan bekerjasama dengan PSSI Jombang. Rencananya, hasil dari kompetisi ini akan diikutkan dalam kompetisi di atasnya sehingga penjaringan bibit unggul dapat tercapai.

“Para peserta ini berasal dari sejumlah sekolah sepakbola se-Jawa Bali. Memperebutkan piala KNPI Jatim dan total hadiah Rp11 juta,” jelasnya.

Kompetisi ini memperebutkan piala DPD KNPI Jatim dan akan digelar pada tanggal 21-23 Desember 2018 mendatang. Para pemain, berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Bali. “Syarat peserta berusia maksimal 12 tahun pertanggal 21 Desember 2018 dan minimal berusia 10 tahun. Kami melakukan screening ketat terkait usia,” pungkasnya. @VIN