Kapolda Jatim: Ari Sigit Terima Dana Rp3 Miliar dari MeMiles

oleh -

SURABAYA – Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan memastikan cucu Presiden Soeharto, Ari Haryo Wibowo Harjojudanto alias Ari Sigit, menerima aliran dana dari investasi bodong MeMiles. Jumlahnya mencapai Rp3 miliar lebih.

“Ada Rp3 miliar lebih (aliran dana ke AS),” kata Luki, di Mapolda Jatim di Surabaya, Kamis (23/1/2020).

Menurut keterangan Sigit, lanjut Luki, Sigit menerima aliran dana karena sebagai konsultan MeMiles. Namun, Luki belum bisa memastikan apakah Sigit masuk dalam struktur dan sistem MeMiles yang dikelolah PT Kam and Kam itu.

“Kita masih mencari bukti-bukti, apakah ada secarik kertas, administrasi menunjuk sebagai konsultan. Ini yang kita cari sekarang, tapi secara lisan ada,” kata Luki.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, menambahkan bahwa aliran dana kepada Sigit, masuk dari salah satu tersangka kasus MeMiles. Namun Truno enggan menyebut siapa tersangka yang dimaksud.

“Menurut keterangan AS, aliran dana yang diterima ini dari salah satu tersangka, bukan dari nomor rekening perusahaan (PT Kam and Kam),” kata Truno.

Namun hingga kini, Truno mengatakan penyidik masih melakukan pengecekan dan pendalaman terkait aliran dana ini.

“Aliran dana ini masih proses pendalaman, tentu alat bukti lainnya yang dibutuhkan penyidik, kami masih menunggu hasilnya. Seperti rekening, masih bagian dari otoritas penyidik,” kata Truno.