Kanit Turjawali Satlantas Polres Jombang: Jangan takut dan Putar balik saat ada Razia, membahayakan

oleh -
Kabarjatim.com_Kanit Turjawali Polres Jombang Iptu Mulyani (1)
Kabarjatim.com_Kanit Turjawali Polres Jombang Iptu Mulyani (1)

Jombang: Kepala Unit (Kanit) Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Satlantas Polres Jombang, Iptu Mulyani menghinmbau kepada pengendara agar tidak takut dan Putar balik saat ada Razia Operasi patuh 2019. Tindakan tersebut  sangat membahayakan baik bagi pengendara tersebut maupun pengendara lain.

“Jangan takut jika ada razia, dengan melakukan putar balik atau melawan arus, karena sangat membahayakan, baik bagi pengendara itu sendiri maupun pengendara lain,” Ujarnya saat memimpin Razia Operasi Patuh Semeru 2019 di Pos polisi Kota Jombang. Selasa 10 September 2019.

Ia menambahkan, kejadian tersebut (putar balik dan melawan arus, red) sering dilakukan oleh banyak para pengendara, khususnya roda dua yang nekat memutar balik motornya saat melihat ada razia.

“Aksi nekat ini sangat  beresiko kecelakaan lalulintas saat panik dan asal putar balik, tentunya sangat merugikan diri sendiri dan orang lain,” Tandasnya.

Mulyani menjelaskan, bagi pengendara yang nekat menghindar saat razia, ada sanksi hukum yang tertulis menurut Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). Pada pasal 104 Ayat 3 dijelaskan bahwa pengguna jalan wajib mematuhi perintah yang diberikan oleh petugas kepolisian. Tidak mematuhi perintah petugas merupakan pelanggaran lalu lintas.

“Untuk itu sekali lagi kami menghimbau agar pengendara patuh terhadap aturan lalu lintas, lengkapi kendaraan dengan surat kelengkapan berkendara dan gunakan alat keselamatan berkendara serta Jangan takut jika melihat ada razia, dan patuhi rambu-rambu lalulintas yang berlaku,”Pungkasnya.