Kabupaten Jombang Masih Siaga Cuaca Ekstrem Tujuh hari kedepan

oleh -

JOMBANG- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, menghimbau kepada masyarakat kabupaten setempat, untuk tetap siaga terhadap cuaca ekstrem yang melanda di kabupaten tersebut.

Kasi kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi mengatakan kewaspadaan tersebut merupakan tindak lanjut dari Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang mengeluarkan himbauan terkait cuaca ekstrem di wilayah kabupaten jombang.

“Masyarakat Kabupaten Jombang hendaknya lebih waspada untuk lima hingga tujuh hari kedepan menyusul adanya himbauan dari BMKG pada tanggal 21 22 dan 23 januari silam,”Ujarnya saat ditemui di Kantornya. Kamis 24 Januari 2019.

Kewaspadaan tersebut, mengingat masih tingginya curah hujan di beberapa daerah yang ada di wilayah Kabupaten Jombang, namun tidak terjadi secara menyeluruh.

“Tidak semua daerah masuk dalam rawan cuaca ekstrim, berdasarkan himbauan BMKG wilayah utara brantas Kabupaten Jombang patut mewaspadai dengan tingginya curah hujan di sore hari,”Imbuhnya.

Selain itu, Beberapa daerah di Kabupaten Jombang yang masuk dalam pemetaan BMKG yakni di wilayah Kecamatan Wonosalam dan Bareng yang rawan dengan longsor mengingat wilayah tersebut merupakan wilayah pegunungan dan perbukitan, serta tingginya curah hujan.

“Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Mojoagung harus waspada banjir, terutama jika wilayah hulu sungai yang berada di Kecamatan Wonosalam, Bareng serta di Kandangan terjadi hujan dengan intensitas lebat dan lama, maka dipastikan wilayah Mojoagung akan banjir,”Tegasnya.

Masih menurut Gunadi, berdasarkan pemetaan dari BMKG, Kabupaten Jombang termasuk dalam salah satu wilayah yang rawan dan waspada cuaca ekstrem.

Editor : Nurul Arifin