Jumlah kejadian Bencana alam di Bondowoso meningkat dari tahun 2018 ke 2019

oleh -

BONDOWOSO: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso mencatat Bencana alam yang terjadi pada tahun 2019 di Kabupaten Bondowoso meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun 2018.

“Ditahun 2019, terjadi 85 bencana yang berdampak langsung pada masyarakat, sedangkan di tahun 2018, lalu jumlah bencana di Bondowoso hanya sekitar 46 kejadian,”Ujar Kepala BPBD Kabupaten Bondowoso, Kukuh Triyatmoko saat ditemui di ruang kerjanya. Rabu 15 Januari 2020.

Ia menambahkan, dari total kejadian di tahun 2019, terdapat 50 kejadian bencana yang menimbulkan tertutupnya akses jalan. Selain itu beberapa bencana alam yang terjadi di Bondowoso, yakni longsor, pohon tumbang, banjir, angin puting beliung dan lain sebagainya

“Dari semua bencana yang terjadi, 36 persen didominasi bencana angin puting beliung, Karena secara geografis, Kabupaten Bondowoso dikelilingi oleh pegunungan, bencana puting beliung paling sering terjadi,”Imbuhnya.

Masih menurut kukuh, bahwa cuaca ekstrim yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi yang akan terjadi tahun ini. untuk itu pihaknya menghimbau agar saluran air di setiap rumah warga dipastikan bersih untuk memberikan jalan untuk air hujan di jalan yang sudah disediakan, agar tidak ada lagi genangan air di beberapa tempat yang akhirnya menimbulkan terjadinya banjir.

“Bencana hidrometeorologi merupakan bencana alam yang terjadi sebagai dampak dari fenomena meteorologi. Seperti angin kencang, hujan lebat, dan gelombang tinggi yang diperkirakan berlangsung hingga akhir Maret 2020,”Pungkasnya. NOE