Jombang Segera Luncurkan KIA

oleh -

JOMBANG – Kartu Identitas Anak (KIA) akan segera diluncurkan di Kabupaten Jombang. Kartu tersebut berguna sebagai tanda legalitas kepada anak. 

Kartu Identitas Anak ini sendiri mempunyai beberapa manfaat, selain sebagai sebagai tanda pengenal diri sah warga negara Indonesia. Kartu tersebut juga menjadi salah satu syarat dalam pendaftaran sekolah.  

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menuturkan bahwa tahun 2019, wilayah yang dipimpinnya segera meluncurkan KIA. Hal itu sesuai dengan program dari pemerintah pusat. 

“Mulai tahun ini kami akan luncurkan KIA. Karena kartu ini sangat penting dalam segala hal, yakni buat pendaftaran sekolah, pelayanan kesehatan dan sebagainya,” tuturnya, Senin 15/04/19.

Dalam proses pembuatan KIA tak jauh beda dengan pengurusan E-KTP. Semua menggunakan sistem elektronik yang berbasis pemerintahan di tiap – tiap Kecamatan. 

“Saat ini, kami akan jemput bola dalam pengurusan KIA. Sementara kami akan lakukan melalui sekolahan – sekolahan,” ucap Mundjidah. 

“Bagi orang tua yang anaknya belum mempunyai akta kalahiran, dimohon segera mengurus. Karena salah satu syarat pembuatan KIA adalah akta kelahiran, karena nantinya kartu ini juga jadi bukti pengenal sebagai warga negara Indonesia,” pungkasnya. 

Editor.  :  Rusmiyanto