Jokowi Resmikan Tol Sragen-Ngawi, Desember Jakarta-Surabaya Kelar

oleh -

PRESIDEN RI Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Segmen Sragen-Ngawi yang merupakan salah satu bagian dari proyek pengerjaan Jalan Tol Solo-Ngawi, Rabu (28/11/2018).

Jalan Tol Solo-Ngawi sendiri terdiri dari tiga tahapan pengoperasian. Tahap I Segmen SS Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 km telah beroperasi sejak 30 Maret 2018. Lalu, Tahap II Kartasura-Sragen diresmikan pada 15 Juli 2018. Terakhir, Tahap III Sragen-Ngawi.

“Saya sangat berbahagia sekali pada pagi hari ini akan kita resmikan jalan tol Solo-Ngawi di segmen Sragen-Ngawi. Artinya sebentar lagi dari Jakarta sampai Surabaya di akhir tahun ini Insya Allah sudah tersambung semuanya,” ujar Jokowi.

Ruas tol Sragen-Ngawi merupakan bagian dari Tol Solo-Ngawi, yang juga menjadi salah satu bagian Tol Trans Jawa. Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno menjelaskan ruas tol Sragen-Ngawi memiliki panjang 51 kilometer.

Pihaknya telah melakukan ujicoba selama satu pekan terakhir jalur tersebut secara gratis. Selain itu pihaknya juga telah mengantongi Sertifikat Laik Operasi.

Lebih lanjut David menerangkan dengan dibukanya jalur Sragen-Ngawi, maka jalan tol ruas Solo-Ngawi mempunyai delapan Gerbang Tol (GT). Yakni GT Colomadu, GT Bandara, GT Ngemplak, GT Purwodadi, GT Karanganyar, GT Sragen, GT Sragen Timur, dan GT Ngawi (Kota Ngawi).

Untuk menyambungkan tol Jakarta-Surabaya, hingga kini yang kurang tinggal dari Pemalang ke Batang, Batang ke Semarang, Salatiga ke Solo, kemudian Wilangan ke Kertosono.

“Tadi saya tanyakan ke Menteri BUMN (Rini Sumarno) dan Dirjen, beliau-beliau menyampaikan selesai pertengahan Desember atau akhir Desember 2018 selesai semua. Bapak tinggal cari waktu meresmikannya kapan. Artinya sudah rampung kalau berani ngomong seperti itu,” ujar Jokowi.

Usai meresmikan jalan tol, Jokowi bersama beberapa menteri menikmati sajian kuliner lokal di Rest Area 538 B Sragen Jalan Tol Sragen-Ngawi. Jokowi tampak mengangkat gelas kopi ketika menikmati kuliner, antara lain bersama Menteri Sekretaris Negara M Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen. Presiden menyatakan senang di lokasi tempat istirahat itu terdapat banyak kuliner lokal.