Jembatan Berlobang Sebabkan Jalan Jombang Macet

oleh -

JOMBANG – Jembatan sungai Gunting yang berada di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung rusak dan berlobang. Kerusakan tersebut terjadi pada sambungan jembatan sehingga menjadi berlobang dengan diameter hingga 30 centimeter.

Akibatnya, dengan kondisi tersebut menimbulkan kemacetan di jalan Nasional yang menghubungkan jalur Madiun – Surabaya. Kemacetan biasa terjadi saat jam sibuk yakni pagi dan sore hari.

Kondisi tersebut juga diperparah dengan adanya pemyempitan lajur saat akan melewati sungai gunting. Semula empat lajur sebelum dan sesudah jembatan mejadi dua lajur saat memasuki jembatan. Kendaraan yang melintas harus melambatkan kendaraannya sebelum memasuki jembatan.

Saiful (46), salah satu warga sekitar lokasi menerangkan, kemacetan ini sudah sejak satu bulan yang lalu. Setiap hari pagi dan sore banyak kendaraan yang terpaksa memperlambat laju kendaraannya.

“Pemandangan seperti ini (macet) sudah berlangsung sekitar satu bulanan. Kalau pagi dan sore pas jalanan ramai pasti macet, soalnya banyak kendaraan yang harus berjalan pelan karena khawatir kendaraannya rusak,”ucapnya saat ditemui kabarjatim, Rabu 13/03/19.

Padahal, lanjut Saiful, biasanya jalan ini tetap lancar meski ada penyempitan lajur yang berada di sungai gunting. Jarang sekali terjadi kemacetan, namun akhir – akhir ini makin parah.

“Macetnya itu karena lempengan sambungan yang terbuat dari plat baja terlihat muncul dipermukaan, sehingga kendaraan yang melintas memilih pelan dan menghindari plat tersebut. Sebab pernah ada mobil yang ban nya sobek gara – gara melindas plat,”imbuhnya.

Editor. : Rusmiyanto