Jelang Pelantikan Khofifah-Emil, Sekdaprov Jatim Jadi Plt Gubernur Hanya Beberapa Jam

oleh -
Khofifah-Emil saat pengambilan Nomer urut (Kabarjatim)
Khofifah-Emil saat pengambilan Nomer urut (Kabarjatim)

SURABAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono, akan menjadi Plt Gubernur Jatim menggantikan Soekarwo. Posisi tersebut akan diisi menyusul berakhirnya masa jabatan Soekarwo pada Selasa, 12 Februari 2019 pekan depan.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Aries Agung Paewai, mengatakan masa jabatan Soekarwo-Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, akan berakhir pada pekan depan (12 Februari 2019).

Kemudian Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak akan dilantik pada keesokan hari, Rabu, 13 Februari 2019.

“Jadi Pak Heru (Sekda, red), akan menjadi pelaksana tugas hanya beberapa jam sampai Gubernur dan Wagub terpilih dilantik. Untuk jamnya masih kondisional (menyesuaikan jam dari Presiden Joko Widodo),” kata Aries, Minggu (10/2/2019).

Meski telah dilantik, lanjut Aries, serah terima jabatan (Sertijab) dari Soekarwo-Saifullah Yusuf ke Khofifah-Emil akan digelar pada tanggal 19 Pebruari 2019. Ini lantaran Khofifah-Emil masih ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

“Selain itu, Sekwan DPRD Jatim siapnya tanggal 19 Februari. Jadi Sertijab nanti akan dilakukan di Gedung DPRD Jatim, dan pelantikan dilakukan di Istana Negara,” ujarnya.

Terkait pelantikan tersebut, Aries mengaku telah mendapat diundangan daru protokol Istana Presiden pada 11 Februari 2019. “Intinya prosesi mulai pelantikan sampai sertijab sudah siap semua,” kata Aris.

 

Editor : Nurul Arifin