Jelang Natal, Harga Telur Dan Daging Ayam Meningkat

oleh -

JOMBANG-Menjelang Natal dan Tahun Baru, harga sejumlah komoditi bahan pokok merangkak naik. Kali ini terjadi pada harga telor dan daging ayam yang ada di Pasar Daerah Kecamatan Mojoagung – Jombang.

Harga telur saat ini mencapai 24 ribu per kilo gram, dari semula 19 ribu per kilo gram seminggu yang lalu. Sedang harga daging ayam saat ini mencapai 33 ribu per kilo gram, dari harga sebelumnya 30 ribu per kilo gram.

Namun kenaikan harga tak beriringan dengan kenaikan omset penjualan. Malah berbanding terbalik, sebab bagi konsumen harga tersebut dirasa tinggi.

Lisa (36), pedagang telor dari Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, yang sudah 15 tahun berdagang telur di pasar tersebut memaparkan, kenaikan harga telur terjadi semenjak seminggu terakhir.

“Naiknya sudah semingguan, dari harga awal 19 ribu perkilo sekarang 24 perkilo. Kemungkinan akan naik lagi mas. Tapi kalau natal kurang sehari biasanya sudah turun lagi” ucapnya saat ditemui kabar jatim di lapaknya, Senin (17/12/18).

“Omset juga turun, biasanya sehari bisa habis 100 kg, sekarang turun jadi 50 kg. Ada program BPNT itu juga pengaruh mas” imbuhnya.

Tak hanya harga telur yang naik, namun harga daging ayam juga mengalami kenaikan. Hal ini dikeluhkan oleh pedagang ayam yang mengalami omset penjualan yang menurun.

Komariyah (53), pedagang daging ayam menuturkan, harga daging ayam meningkat sejak 3 hari yang lalu, dari 30 ribu per kilo gram menjadi 33 ribu per kilo gram.

“Untuk harga kalau menjelang natal sudah pasti naik. Sudah tiga hari lalu harga naik 3 ribu per kilo. Nanti biasanya akan naik lagi kalau natal kurang dari 2 hari, bisa mencapai diatas 35 ribu per kilonya” tuturnya.

“Kalau untuk omset penjualan pasti turun, biasanya setiap hari bisa laku 15 kg, sekarang 12 kg. Yang lebih kasian penjual sate ayam mas, karena naiknya harga mereka harus memperkecil satenya” imbuhnya.

Sedangkan untuk harga cabe relatif stabil, namun tiap hari harga tersebut berubah – ubah. Untuk saat ini mencapai 22 ribu perkilo gram untuk cabe rawit. Sedang untuk cabe merah mencapai 23 perkilo gram. @VIN