Jelang Lengser, Gus Ipul Mulai Kemasi Barang Pribadi

oleh -
Gus Ipul Saat Mengemasi Barang-barang di Rumah Dinas
Gus Ipul Saat Mengemasi Barang-barang di Rumah Dinas

SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mulai mengemasi barang pribadi dari ruang kerjanya di Kantor Gubernuran Jalan Pahlawan, Surabaya, Kamis (31/1/2019). Gus Ipul akan mengakhiri masa jabatannya pada 12 Februari 2019 mendatang.

Aktifitas ini dilakukan sekitar pukul 14.00 WIB, dibantu dua orang stafnya. Gus Ipul yang mengenakan baju lengan panjang cokelat itu tampak mengangkat tumpukan buku dari meja kerjanya, dan memasukkan ke dalam kardus. Tak hanya buku, sejumlah dokumen dan majalah juga diaturnya dalam kardus.

“Barang-barang yang sudah diberesi total ada 15 kardus, tapi sebagian sudah saya bawa pulang,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul mengaku bersyukur telah diberi kesempatan oleh rakyat menjadi Wakil Gubernur Jatim. Selama 10 tahun berjalan bisa ikut secara langsung dalam proses membangun Jatim.

Meski demikian, Gus Ipul menyadari selama dua priode belum ada legacy yang bisa dijadikan pertanda keberhasilan Provinsi Jatim. Gus Ipul mengaku dirinya juga tidak bisa berbuat banyak, karena sebagai Wakil Gubernur tidak punya wewenang selain patuh dan tunduk pada keputusan Gubernur.

“Saya menyesal, karena selama 10 tahun ini tidak bisa menghadirkan legacy yang kongkrit yang nyata yang bisa dijadikan pertanda atau pembeda yang bisa jadi icon Jatim,” kata Gus Ipul.

Selama 10 tahun terakhir, ada penghargaan yang diraih Jatim dari Pemerintah pusat. Namun, kata Gus Ipul, penghargaan-penghargaan itu bukanlah sebuah karya kepala daerah, tapi lebih tepatnya karya dari jajaran di bawah, serta karya pihak lain yang secara simbolik diterima oleh kepala daerah.

Oleh karena itu, Gus Ipul berharap Pemprov Jatim kedepan bisa mencontoh Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, yang mampu menghadirkan Jakabaring, serta Fadel Muhammad yang mampu membangun banyak legacy di Gorontalo dan juga Jokowi maupun Ahok di Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul berharap, gubernur dan wakil gubernur terpilih mampu lebih sukses dalam menghadirkan legacy, sehingga dampaknya bisa langsung dirasakan masyarakat luas.

“Kedepan dibutuhkan Gubernur yang kreatif dan inovatif. Bukan penghargaan yang normatif, tapi penghargaan memang sudah seharusnya, karena Jatim merupakan wilayah yang maju,” ujarnya.

Editor : Nurul Arifin