Jelang Coblosan, Bawaslu Jember Patroli ke Kecamatan

oleh -
Bawaslu Jember saat di Lapangan
Bawaslu Jember saat di Lapangan

JEMBER-Sebelum pelaksanaan pemilihan Gubernur Jawa Timur, Bawaslu Kabupaten Jember melakukan patroli untuk mengecek kesiapan di tiap-tiap kecamatan,Selasa (26 Juni 2017). Hal ini dilakukan guna terlaksananya Pilgub Jatim yang tertib dan aman, maka Bawaslu Kabupaten Jember memakai metode basis pengawasan TPS.

“Ada 15 indikator yang kita pakai. Nah, 15 indikator ini menghasilkan banyak angka atau ribuan angka. Jadi kita sekarang mengadakan patroli di titik angka tertinggi, seperti itu,” ujar Devi Aulia Rahim, Sekretaris Bawaslu Jember.

Dari kecamatan yang telah dipetakan, Kecamatan Tanggul mempunyai tingkat angka dengan pemilih disabilitas tertinggi. Namun, Bawaslu juga mengecek berulang-ulang, agar data tersebut tidak salah. Karena bisa jadi, ada kesalahan saat saat entry data atau coklit sebelum penentuan DPT.

“Kalo disabilitas memang tinggi, berarti temen-temen TPS ini, harus fokus pengawasan pada waktu pembuatan TPS. Biar TPS itu bisa diakses disabilitas.” ungkapnya.

Devi Aulia Rahim juga menuturkan bahwa, sebelum hari H pelaksanaan pemilihan, semua atribut kampanye sudah dibersihkan. Dan apabila masih ada yang memaksa untuk kampanye, maka sanksinya pidana. @VIN