Jelang Coblos Ulang, KPU Sampang Mulai Lipat Kertas Surat Suara

oleh -
Suasana Pelipatan Surat Suara di KPU Sampang (Junaidi/Kabarjatim)
Suasana Pelipatan Surat Suara di KPU Sampang (Junaidi/Kabarjatim)

SAMPANG-Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang mulai melakukan pelipatan surat suara menjelang pelaksanaan Pungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sampang. Pelaksaaan coblos ulang ini rencananya pada tanggal 27 Oktober 2018.

Ketua komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Sampang, Syamsul Muarif mengatakan pelipatan dan penyortiran surat suara (SS) akan dilakukan dengan sesegera mungkin agar pelipatan cepat selesai dan saat ini yang melakukan pelipatan sejumlah 16 orang.

“Surat suara yang sudah terkirim dan sedang dilipat sampai saat ini sebanyak 600 ribu,” ujarnya, Jumat (19/10/18).

Menurutnya, dari jumlah diatas masih ada sejumlah sisa surat suara yang belum dikirim oleh pihak ke tiga ke KPU sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan oleh KPU, selain itu juga ada surat suara tambahan atau cadangan yang akan dijadikan antisipasi.

“Tentu, kami sambil menyusul kekurangan surat suara yeng belum terkirim, sedangkan surat suara cadangan mencapai 2,5 persen,” ujarnya.

Terpisah, komisioner badan pengawas pemilu insiyatun membenarkan jumlah surat suara yangvsudah dilipat, tetapi dari jumlah itu terdapat sebanyak 32 surat suara rusak dan meminta agar percetakan mengganti SS yang rusak.

” Yang saya cek sebanyak 32 SS rusak dan nanti dari percetakan yang mengganti” ucapnya. Untuk diketahui, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang sudah diteapkan oleh KPU sampang dalam pemungutan suara ulang sebanyak 767.032. @VIN