Jadi Calo PNS, TNI Gadungan Diciduk Polisi di Lamongan

oleh -
Pelaku saat digelandang di Mapolres Lamongan
Pelaku saat digelandang di Mapolres Lamongan

LAMONGAN-Masqur Slamet Nur Riyanto (35) warga Desa Setro, Kecamatan Tambaksari ditangkap oleh pihak kepolisian Lamongan. Masqur ditangkap lantaran menjadi Calo penerimaan pegawai negeri sipil (PNS). Nah, untuk melancarkan aksinya itu, dia nyaru menjadi anggota TNI berpangkat Letnan Satu (Lettu).

Masqur ditangkap oleh anggota Intel Kodim 0812 Lamongan di Desa Prijek, Kecamatan Lamongan. Masqur mengaku sebagai Anggota TNI dengan pangkat Lettu. Informasi yang dihimpun, penangkapan TNI Gadungan ini bermula ketika mobil milik tersangka menggunakan plat Dinas TNI 1058-45. Saat itu, mobil tersebut diparkir di sebuah warung.

Namun, setelah dilakukan pengecekkan ternyata mobil tersebut menggunakan plat dinas palsu. Kemudian, petuga melakukan penangkapan dan membawa pelaku ke Mapolres Lamongan untuk penyelidikkan lebih lanjut. Rupanya, tak hanya menipu orang lalin, istrinya juga diduga menjadi korban penipuan. Karena rela dinikahi oleh seorang TNI yang ternyata TNI Gadungan.

Dari keterangan polisi, tersangka mengaku sebagai anggota TNI untuk melancarkan aksinya dengan menjanjikan sebagai PNS atau sebuah jabatan saat mutasi. Dari tangan pelaku, Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa mobil Ayla warna merah dan satu set pakaian dinas TNI berpangkat Letnan Satu serta lencana Badan Intelejen Negara (BIN).

Atas Perbuatannya itu, pelkaku dijerat pasal 378 dan 372 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. @VIN