Isak Tangis Warnai Keberangkatan Calon Jamaah Haji Jombang

oleh -
pemberangkatan Ibadah Haji
pemberangkatan Ibadah Haji

JOMBANG-Ribuan warga memadati Alun -alun Kota Jombang, mereka adalah keluarga pengantar Calon Jama’ah Haji (CJH), yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 53 dan 54, yang diberangkatkan hari ini, Selasa (23/17/2019).

Pemberangkatan CJH dilakukan di Pendopo Pemerintahan Kabupaten Jombang yang bersebelahan dengan alun – alun Kota. Selanjutnya berto POlak menuju asrama haji di Sukolilo, Surabaya sebelum akhirnya bertolak menuju Tanah suci di Makkah.

Saat para Calon Jama’ah Haji hendak memasuki bus yang akan mengantar rombongan CJH ke Surabaya, terlihat suasana haru dan isak tangis dari para keluarga serta kerabat yang mengantarkan.

Salah satu CJH mengungkapkan, dirinya terpaksa meninggalkan ke tiga anaknya dan suaminya untuk menunaikan rukun Islam yang ke – 5, yakni pergi ke Tanah Suci Makkah. Ia pergi haji bersama dengan kakaknya.

“Sebenarnya ya berat mas meninggalkan anak – anak, tapi ya gimana lagi. Ini kan ibadah, jadi ya terpaksa,” ucapnya saat ditanya tim Kabarjatim.com di sela – sela pemberangkatan.

Sementara, sebanyak 890 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Jombang, diberangkatkan ke tanah suci. Ratusan CJH tersebut terbagi dalam dua kloter, yakni kloter 53 sebanyak 445 CJH dan 54 sebanyak 445 CJH.

Rombongan CJH tersebut dilepas dengan suasana penuh haru di Pendopo Pemkab setempat pada pukul 11.00 dan 14:00 Wib. Acara pelepasan dipimpin oleh Sekda Kabupaten Jombang, Akhmad Jazuli.

Dalam pidatonya, ia meminta pada para keluarga supaya mendoakan seluruh CJH asal Jombang ini selamat dan bisa menunaikan ibadah haji dengan khusuk dan menjadi haji mabrur.

“Kami minta keluarga mendo’akan serta ikhlas untuk melepas anggota keluarganya untuk ibadah ke tanah suci. Dan saya harap yang berangkat juga akan mendoakan semua yang hadir di Pendopo ini segera menyusul ke tanah suci,” ucapnya.

Usai dilakukan acara pelepasan, selanjutnya iring – iringan rombongan bus diberangkatkan menuju Asrama Haji yang berada di Surabaya.