Inilah Sosok Polisi Viral Yang Memeriksa Mertuanya Dalam Razia Kendaraan

oleh -
Bripka Parmono
Bripka Parmono

BOJONEGORO – Seorang anggota Sat Lantas Polres Bojonegoro mendadak viral di media sosial dan beberapa media online, setelah memeriksa kelengkapan kendaraan milik mertuanya dalam Operasi Patuh Semeru 2019 beberapa waktu lalu.

Sosok viral tersebut adalah Bripka Parmono, Polisi yang berdinas di Sat Lantas Polres Bojonegoro pada Unit Turjawali.

Saat ditemui kabarjatim.com, pria yang akrab disapa Bang Pram ini mengatakan bahwa semua kejadian tersebut adalah sebuah kebetulan dan tanpa disengaja.

“Sesuai dengan SOP serta sasaran 8 pelanggaran prioritas kecelakaan lalu lintas, saya melakukan pemeriksaan kepada seluruh pengendara yang diberhentikan, salah satunya adalah mertua saya sendiri,” terangnya. Selasa (10/09/2019).

Lebih lanjut, Bripka Parmono mengungkapkan bahwa Dirinya sempat kaget saat seorang lelaki paruh baya membuka helm yang ternyata adalah bapak mertuanya sendiri.

“Sebagai tanda hormat kepada orangtua, saya langsung mencium tangan bapak mertua saya mas,” ucapnya sembari tersenyum.

Disisi lain, sebagai seorang Anggota Polri, Bripka Pramono juga bersikap profesional dalam menjalankan tugas, Ia melanjutkan pemeriksaan kepada mertuanya seperti halnya kepada pengendara kendaraan lain.

“Karena surat-surat kendaraan serta kelengkapan keamanan lengkap, maka sayapun mempersilahkan bapak untuk melanjutkan perjalanan,” ungkap Bripka Parmono.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Bojonegoro, AKP Aristianto BS. SIK., SH., MH, mengungkapkan bahwa Bripka Pramono merupakan salah personel yang sangat rajin, serta memiliki dedikasi yang tinggi terhadap kedinasan.

“Walaupun terlihat galak karena kumis tebalnya, namun Bripka Parmono tetap humanis dan senang memberikan senyuman saat bertegur sapa dengan orang lain, serta hormat kepada senior,” ungkap Kasat Lantas.

Diceritakan, bahwa saat momen itu berlangsung, Kasat Lantas juga merasa heran mengapa anggotanya mencium tangan bapak tersebut, sehingga dengan spontan Ia mengabadikan kejadian menggunakan kamera handphone pribadinya tanpa sepengetahuan Bripka Parmono.

“Setelah mempersilahkan pengendara untuk melanjutkan perjalanan, saya langsung menanyakan identitas orang tersebut. Saya kaget setelah mengetahui yang diperiksa dan dicium tangannya oleh Bripka Pramono adalah mertuanya sendiri,” pungkas Kasat Lantas.

Sebuah hal yang patut menjadi inspirasi, bahwa dalam menjalankan tugasnya seorang anggota Polri tetap mampu profesional dan komitmen sesuai Standart Operational Prosedure (SOP), meski harus berhadapan dengan keluarga sendiri. VIN