Ini Program Pemkab Bojonegoro Untuk Petani

oleh -

BOJONEGORO – Sampaikan beberapa program terbaru, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah menyempatkan diri bertatap muka dengan Kelompok Tani (Poktan) empat Kecamatan (Dander, Bojonegoro, Kapas, Sukosewu), bertempat di Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro.

Dalam Pertemuan tersebut, Bupati Anna menyampaikan Program Terbaru dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di wilayah Bojonegoro.

Ia menyampaikan, sejumlah program itu diantaranya, Pemberdayaan Kelompok Tani, didalamnya terdapat Sekolah Lapang yang bertujuan untuk memunculkan petani muda dan menambah wawasan terkait pertanian. Kemudian, AUTP (Asuransi Usaha Tanaman Padi), asuransi ini bertujuan untuk menjamin petani apabila gagal panen yang disebabkan oleh bencana alam, yang artinya petani tetap mendapatkan ganti rugi dari pemerintah. Namun, asuransi ini masih terbatas tanaman padi, sedangkan untuk tanaman lain seperti tembakau, bawang merah dan lainya belum bisa diasuransikan. Kendati begitu, Pemkab akan melakukan audiensi dengan PT. JASINDO (Jasa Asuransi Indonesia) agar selain padi dapat memperoleh asuransi.

Selanjutnya, PPM (Program Petani Mandiri)
Implementasi dari program ini adalah KPM (Kartu Petani Mandiri) yang akan diberikan kepada anggota kelompok tani. Realisasi KPM tahap pertama ini masih sedikit, akan tetapi ditahap selanjutnya akan diperbanyak tiga kali lipat.

“Semua program ini dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, oleh sebab itu semua pihak harus bekerjasama dan saling mendukung agar program ini tepat sasaran dan bermanfaat. ” pungkas Bupati.