Ini Penyebab Harga Garam di Sampang Menjadi Murah

oleh -

SAMPANG-Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sampang M Mahfud mengatakan, menjadi penyeb harga garam menjadi murah karena dua fakor.

“Selain import garam luar negeri, kriteria garam konsumsi dimasukkan pada kriteria garam industri sehingga dalam mekanisme pasar pemerintah harus import untuk kebutuhan garam konsumsi, padahal garam rakyat wilayah madura ketika musim kemarau itu bisa memenuhi untuk garam konsumsi” ungkapnya ketika ditemui kabarjatim.com selasa (25/06/19).

Secara detail jumlah kebutuhan garam industri yang masuk di setiap perusahaan hingga saat ini masih belum ada kejelasan, sedangkan jumlah kebutuhan secara global masih ranco dengan hasil produksi petani garam.

“Anehnya lagi saat ini mimang harga garam hasil produksi petambak turun drastis sedangkan harga konsumsi dipasaran masih tetap” ucapnya sembari ikut prihatin dengan nasib petani garam.

Menurutnya harga garam saat ini untuk stock Th 2018 kemarin anjlok dengan harga Rp 500 per kg atau seharga Rp 30.000 per karung, sedangkan untuk garam yang baru seharga Rp 400 per Kg atau seharga Rp 20.000 per karung.

“Untuk memulihkan harga garam kembali seperti sebelum-sebelumnya yaitu pemerintah pusat harus mengendalikan importing garam” tandasnya.